Kinerja Organisasi Publik dalam Memberikan Pelayanan Kepada Publik

Sri Maryuni

Abstract


Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau  kelompok orang dalam organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak Penilaian kinerja organisasi publik tidak cukup hanya dilakukan dengan menggunakan ukuran-ukuran atau indikator-indikator yang melekat pada organisasi itu seperti efisiensi dan efektifitas, tetapi harus dilihat juga dari indikator-indikator yang melekat pada pengguna jasa, seperti kepuasan pengguna jasa, akuntabilitas dan responsivitas. Penilaian kinerja dari pengguna jasa menjadi sangat penting, karena organisasi publik seringkali memiliki kewenangan monopolis sehingga para pengguna jasa tidak memiliki alternatif sumber pelayanan. Dalam pelayanan oleh organisasi publik penggunaan pelayanan oleh publik sering tidak ada hubungannya sama sekali dengan kepuasannya terhadap pelayanan.  melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika. Dengan mengetahui kinerja akan dapat mengetahui tingkat pencapaian tujuan pelaksanaan suatu kegiatan /program /kebijakan dalam merwujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi.  Ada 2 kategori pelayanan publik yang harus  diberikan  pemerintah,  yaitu  pelayanan kebutuhan dasar dan pelayanan umum. Yang termasuk dalam pelayanan kebutuhan dasar meliputi pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dasar dan pelayanan bahan kebutuhan pokok masyarakat. Sedangkan yang termasuk dalam pelayanan umum adalah pelayanan  administrasi,  pelayanan  barang  dan  pelayanan jasa. Dalam  memberikan  pelayanan – pelayanan   tersebut,   aparatur    pemerintah    atau yang juga disebut birokrasi publik harus dapat memberikan layanan publik yang profesional, efektif, efisien, sederhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsive dan adaptif.

Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Publik


Full Text:

1-13 PDF

References


Dwiyanto, Agus, 2002, Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Yogjakarta.

---------------------, 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan

Publik, Gajah Mada University Press, Yogjakarta.

---------------------, 2006, Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, UGM, Yogjakarta.

Keban, T, Yeremias, 2004, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik , Gava Media, Yogjakarta.

Notoatmodjo, Sukidjo, 1998, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Unit penerbit dan Percetakan AMP YKPN, Yogjakarta

Moenir, 2000, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Febriani, Ni Kadek Novi, Dewi Yuri Cahyani, and Ni Made Ras Amanda Gelgel. "Pembingkaian Berita Seratus Hari Kerja Jokowi-JK (Analisis Framing Program Berita Di Metro Hari Ini)." E-Jurnal Medium. Unud.ac.id, 25 Apr. 2016. Web. 18 May 2017. Available at: http://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/20416

Widodo, Joko, 2001, Good Governance, Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi. Insan Cendikia, Surabaya.

----------------, 2006, Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja,Bayumedia Publishing, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v21i01.1044

Article Metrics

Abstract view : 3900 times
1-13 PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING