Partisipasi masyarakat dalam mentaati UU NO 22 Th 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan di Kecamatan Pontianak Kota

Indah Sulisdiani

Abstract


Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan merupakan peraturan perundangan yang diberlakukan kepada semua pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat yang menggunakan jalan sebagai sarana melakukan aktifitasnya setiap hari. Namun kenyataannya banyak warga masyarakat yang justru melakukan pelanggaran baik itu terhadap rambu lalu lintas, marka jalan, APILL dan pelanggaran lainnya. Dari pelanggaran tersebut tidak jarang mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal Data penelitian diperoleh dari hasil observasi lapangan dan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian (informan) yang dipilih secara purposive (bertujuan). Jenis penelitian menggunakan teknik diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap UU Nomor 22 Tahun 2009 masih rendah yang dibuktikan dengan peningkatan angka kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Hal ini disebabkan masih kurangnya sosialisasi oleh pihak yang berwenang. Sementara kepedulian masyarakat dalam melengkapi surat-surat berkendara dapat dikatakan sudah cukup baik karena sebagian besar pengendara membawa kelengkapan surat-surat berkendara. Disisi lain, pengendara yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas pada umumnya bertanggungjawab terhadap pelanggaran yang dilakukakan dengan siap menerima resiko dan sanksi yang diberikan pihak terkait sesuai dengan bentuk pelanggarannya.

Keywords


partisipasi masyarakat, UU No 22 tahun 2009

References


Holil. (1980). Partisipasi Sosial Dalam Usaha Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta. PT. Geora Aksara Pratama

Korlingger.,FredN; Simatupang, Landung R. (translator); Koesoemanto, HJ. (2004). Asas- asas Penelitian Behavioral. Gajah Mada University.

Miles, Matthew B dan Michael Huberman.( 2002). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)

Moleong, Lexi, J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya, Bandung

Mardikanto, Toto, dkk. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Ndraha Taliziduhu. (2002). Pembangunan masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Rineka Cipta. Jakarta

Nawawi, Hadari. (2005). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Gajah Mada Univertity Press, Yogyakarta

Sugiyono,( 2005). Memahami Penelitian Kualitatif Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Soekanto, Soerjono. (1993). Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v21i01.2323

Article Metrics

Abstract view : 1157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING