Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi politik pasangan Tjhai Chui Mie dan H. Irwan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi politik yang berhasil mengantarkan pasangan calon Tjhai Chui Mie dan H. Irwan menjadi Walikota dan Wakil Walikota Singkawang Tahun 2017 adalah strategi ofensif (menyerang), melalui strategi perluasan pasar dilakukan dengan menjual figur atau sosok calon kepada masyarakat secara lebih mendalam, melakukan kampanye dialogis, melakukan sosialisasi secara door to door kepada pemilih setia maupun pemilih yang mengambang, menawarkan kartu pintar (Kartu Singkawang Pintar, Kartu Singkawang Sehat, Kartu Petani Sejahtera, dan Kartu Nelayan Sejahtera), menempatkan sebanyak 7 (tujuh) orang saksi disetiap TPS dengan atribut baju bercirikan khas tim supaya dikenal pemilih, melakukan strategi mendompleng nama masyarakat yang ditokohkan di daerah yang menjadi basis massa, mengkampanyekan calon melalui berbagai media, cetak, audio visual serta media sosial, menggunakan jargon “CHAIR”,. Strategi menembus pasar, melakukan perubahan paradigma pada pemerintahan baru yang akan dipimpin, memprioritaskan pelayanan air bersih, membangun rumah rakyat, menata pasar, menjadikan Singkawang sebagai kota tujuan wisata dengan memperbanyak event-event, dan membenahi taman-taman kota. Strategi defensif (bertahan), terkait dengan strategi mempertahankan pasar, figur atau sosok calon yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah modal utama dalam mempertahankan pasar atau pemilih.
Keywords
Strategi politik, pemilukada.
References
Lexy J, Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prihatmoko, Joko J. 2005. Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Rudianto, Doddy dan Sudjijono Budi. 2003. Manajemen Pemasaran Partai Politik, Segmentation, Targeting, Positioning. Jakarta: PT. Citra Mandala Pratama.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Schroder, Peter. 2009. Strategi Politik. Jakarta: Friedrich-Naumann-Stiftung-furdie Freihet, Indonesia.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sopian. 1981. Metode Penelitian Survey. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.
Sudjana, Nana. 1989. Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugyiono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta