Perbandingan Metode Pembelajaran Pada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Politik
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Politik. Permasalahan dua program studi (prodi) di FISIP UNTAN yang memiliki rumpun ilmu yang sejalan membuat beberapa dosen saling mengajar kedua prodi tersebut. Namun, pada praktiknya terdapat perbedaan dalam kualitas proses belajar mengajar yang terjadi pada kedua prodi tersebut. Kondisi fasilitas dan prose evaluasi dari fakultas yang belum memadai menjadi kendala utama yang ditemui. Penelitian ini berupaya mengulas perbandingan proses belajar mengajar di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Politik. Kajian dilakukan dengan didukung oleh faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode pembelajaran, yang terdiri dari faktor fasilitas, hubungan sosial, dan lingkungan sekitar. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berupaya menampilkan perbandingan metode pembelajaran yang diterapkan pada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Politik dengan kajian konsep metode pembelajaran. Temuan penelitian adalah penerapan metode pembelajaran di kedua prodi memiliki kesamaan, tetapi perbedaan yang mencolok pada proses belajar mengajar di kedua prodi tersebut adalah jumlah dan kualitas mahasiswa, referensi belajar dan intensitas dosen mengajar di kelas.
Full Text:
PDF 13-22DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v23i1.2445
Article Metrics
Abstract view : 884 timesPDF 13-22 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
INDEXING