PENERAPAN METHODOLOGY FOR PARTICIPATORY ASSESSMENT (MPA) DALAM MENGENALI POTENSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG TANJUNG MANGGU, DESA SIMPANG, WANAYASA

Intan Nurmaisya

Abstract


Penelitian ini memperkenalkan metode partisipatif untuk membantu masyarakat menganalisis dan membuat perencanaan yang lebih efektif dengan menggunakan Metodologi Penilaian Partisipatif (MPA) yang dikombinasikan dengan teknik PRA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas MPA dalam membantu masyarakat di Desa Simpang, Wanayasa, memahami potensi dan kondisi lingkungan mereka, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan hasil membantu masyarakat Kampung Manggu Tanjung, Desa Simpang, Kecamatan Wanayasa untuk mengenali potensi yang dimiliki dan memberdayakannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik PAR. Teori yang digunakan adalah Teori Aktor dan Teori Fungsionalisme Struktural. Hasil dari penelitian ini adalah pemuda Kampung Manggu Tanjung dapat mengenali potensi diri mereka yang berfokus pada bidang pertanian, pengelolaan home industry yaitu pembuatan gula aren, dan pembuatan ikan pindang.

Keywords


Methodology for Participatory Assessment (MPA), Pemberdayaan Masyarakat, Potensi di Kampung Tanjung Manggu

Full Text:

PDF 01 - 14

References


Buku

Alamsyah, C. Y. (2015). Praktik Pekerjaan Sosial Generalis Suatu Tuntunan Intervensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Britha Mikkelsen. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Chambers, R Chambers, R. 1994. The Orgins and Practice of Participatory Rural Appraisai. World Development. 22 (7):953-69. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/0305750X94901414

Hardjomarsono, B.(n.d) Pengertian, Ruang Lingkup dan Studi Intervensi.

Rahardjo. 1999. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. (Yogyakarta : Univesitas Gajah Mada ).

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian Psikologi, (Bandung : [Pustaka Belajar).

Jurnal

Darmawan., Dadan. Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 4 (2). 160–169. e-ISSN 2579-4256. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/41400/19034

Dewi, M. & Hadiwijaya, M. M. (2016). Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kota Palembang dalam Kampanye Program Palembang EMAS (Elok, Madani, Aman, Sejahtera). Jurnal Komunikasi, 10(2), 119-120. https://www.researchgate.net/publication/316025087_Perencanaan_Komunikasi_Pemerintah_Kota_Palembang_dalam_Kampanye_Program_Palembang_EMAS_Elok_Madani_Aman_Sejahtera

Hudayana, Bambang. Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya. 2 (2). 99–112.https://www.academia.edu/56124561/Participatory_Rural_Appraisal_PRA_untuk_Pengembangan_Desa_Wisata_di_Pedukuhan_Pucung_Desa_Wukirsari_Bantul

Mahabbati, Aini. 2014. Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (conduct Disorder) berdasarkan Functional Behavior Assesment. Yogyakarta Jurnal Dinamika Pendidikan Nomor 01/Th.XXI/Mei 2014. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/2851

Lagantondo, Herlan. Analisis Pelaksanaan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa (Studi Kasus di Desa Tiwa’a Kecamatan Mori). SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya. 25 (1). 54–71.e-ISSN 2549-7235. https://jurnalsosiologi.fisip.unila.ac.id/index.php/jurnal/article/download/507/15

McNicoll, P. 1999. Issues in teaching participatory action research. Journal of Social Work Education 35, no. 1: 52-62. https://eric.ed.gov/?id=EJ586179

Susilowati, Ellya. Penerapan Teknologi Pengembangan Masyarakat pada Program Desa Sabilulungan. LINDAYASOS:Jurnal Ilmiah Perlindungan & Pemberdayaan Sosial. 1 (1). https://jurnal.poltekesos.ac.id/index.php/lindayasos/article/view/170/141

Artikel Jurnal

Direktorat Kesejahteraan Sosial Anak, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia dan UNICEF. 2011. Pedoman Manajemen Kasus Perlindungan Anak, Jakarta: UNICEF,

Zuber-Skerritt, O. 2015. Participatory action learning and action research (PALAR) for community engagement: A theoretical framework. Educational Research for Social Change, 4(1), 5-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v29i1.3442

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF 01 - 14 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING