PELAYANAN ONLINE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERPADU (SIMPONI) DI RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK

Artha Gloria Patricia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyebab kualitas pelayanan belum terlaksana secara efektif dengan menerapkan Aplikasi SIMPONI di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori dari Sinambela (2008, 6) yang memuat kriteria pelayanan yang dapat dikatakan berkualitas dengan keenam indikator-indikatornya untuk meneliti kualitas pelayanan dengan menerapkan Aplikasi SIMPON yaitu : (1) Transparansi, pihak rumah sakit yang kurang terbuka mengenai informasi keberadaan Aplikasi SIMPONI. (2) Akuntabilitas, pihak rumah sakit yang kurang bertanggung jawab mengenai kesesuaian prosedur atau sistem dari Aplikasi SIMPONI sehingga adanya pengulangan pemenuhan persyaratan. (3) Kondisional, pihak rumah sakit sudah memperhatikan kondisi atau kemampuan masyarakat yang tidak memiliki media penunjang dengan alternatif mesin anjungan mandiri. (4) Partisipatif, pihak rumah sakit yang kurang berperan mendorong masyarakat untuk menggunakan Aplikasi SIMPONI sehingga masyarakat lebih memilih mendaftar manual. (5) Kesamaan Hak, pihak rumah sakit kurang memperhatikan hak bagi pendaftar pengguna Aplikasi SIMPONI yang lebih diuntungkan daripada pendaftar manual. (6) Keseimbangan Hak dan Kewajiban, petugas yang berkewajiban memberikan kejelasan informasi kepada masyarakat yang berhak saat diminta saja dan bersikap tidak ramah. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan pihak rumah sakit tidak putus dalam melakukan penyuluhan mengenai keberadaan Aplikasi SIMPONI, kemudian memperhatikan sikap petugas yang melayani masyarakat untuk selalu ramah dan memberikan informasi baik diminta ataupun tidak, dan memberikan pelayanan yang anti diskriminatif, serta mengevaluasi sistem data atau pangkalan data pada Aplikasi SIMPONI, agar tidak ada pengulangan pemenuhan persyaratan lagi bagi pasien baru.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, RSUD, Aplikasi SIMPON

Keywords


Kualitas Pelayanan, RSUD, Aplikasi SIMPON

Full Text:

PDF 57 - 69

References


Daft, L. Richard. 2002. Manajemen (edisi kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Emzir, 2012. Metode Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Idrus, 2009. “Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Yogyakarta: Erlangga.

Mulyadi, Deddy., dan Gedeona, Afandi. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Pasolong, Harbani. 2016. Teori Administrasi Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik, teori, kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukarna. 1989. Pengantar Ilmu Administrasi. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruksi. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husani. 2014. Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Andy Feta., dan Oscar Raydan Danar. 2014. Manajemen Publik : teori dan Praktik. Malang: UB Press.

Sumber Skripsi :

Anjeli, Weni. 2018. Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah. Skripsi., Universitas Tanjungpura.

Ariyanti, Mita. 2018. Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak. Skripsi., Universitas Tanjungpura.

Sumber Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Walikota Pontianak Nomor 103 Tahun 2021 Tentang Pembentukan, Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pada Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

Peraturan Walikota Pontianak Nomor 50 Tahun 2018 Tentang Tarif Pelayanan Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Sumber Website :

RSUD Kota Pontianak. 2020. Aplikasi SIMPONI RSUD Kota Pontianak. Diakses 5 Januari. https://rsud.pontianakkota.go.id/aplikasi-simponi-rsud-kota-pontianak.html

Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat. 2022. Sosial dan Kependudukan. Diakses 15 Maret. https://kalbar.bps.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v29i1.4782

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF 57 - 69 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING