Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah Program MBKM Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
Abstract
Keywords: Policy Evaluation, School Teaching Program, MBKM
Keywords
Full Text:
PDF 96-106References
Andayani.(2019). Edulead. 1(1),1–16.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210-219.
Arifin, Syamsul, and Moh Muslim. 2020. “Tantangan Implementasi Kebijakan ‘ Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’ Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 3(1):1–11.
Barlian Eri, Metodeologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Padang: Sukabina Press, 2016).
Brown, J. D., & Hudson, T. (1998). Criterion-Referenced Language Testing. Cambridge University Press.
Caesar, M. R., Listania, T., & Undang, G. (2020). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Neo Politea, 1(2), 1-16.
Christhna, D., Sumampow, I., & Singkoh, F. C. (2016). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tinompo Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Fuadi, T. M. (2022, June). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam pendidikan biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 9, No. 2, pp. 38-55).
Griffin, P., & Nix, P. (2001). Assessment for Learning: An Australian Perspective.
Guskey, T. R. (2003). The Future of Assessment in an Era of Accountability. Educational Leadership, 61(6), 26-31.
Hardia, L., La Goa, Y., Sari, E. M., Difinubun, M. I., & Irawandi, I. (2023). Evaluasi implementasi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada fakultas sains dan teknologi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan, 11(2), 326-337.
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2021). Buku Pegangan Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Manongga, A., Pangemanan, S., & Kairupan, J. (2018).Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kelurahan Pinokalan Kota Bitung. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Mukti, H., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2023). Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi dalam Implementasinya. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 761-777.
Nuttall, J. (2015). Formative Assessment and Student Motivation. Journal of Educational Psychology, 107(2), 289-302.
Pahrudin, H. M. (2017). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Universitas Jambi: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015.
Pohl, M. (2012). Assessment for Learning: A Guide to Improving Student Learning. Routledge
Prabowo, T. S., Sutikna, N., & Runtiko, A. G. (2023).Strategi Komunikasi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dalam Meningkatkan Mutu SDM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5705-5712.
Rahman, D. (2023). Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Sungai Abu Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci (Doctoral dissertation, Ilmu Pemerintahan).
Sadler, D. R. (2005). Interpretations of Criteria-Based Assessment and Grading in Higher Education. Assessment & Evaluation in Higher Education, 30(2), 175-194.
Semiawan, Conny R., Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, (Jakarta: Grasindo 2010)
Siyoto. Sandu, Dasar Metodeologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, Juni 2015)
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. In D. L. Stufflebeam, G. F. Madaus, & T. Kellaghan (Eds.), Evaluation Models (pp. 279-317). Kluwer Academic Publishers.
Sweeney, K. (2011). The Effective Teacher's Guide to Assessment. Routledge.
Syamsudin.(2017). Pendanaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam STAI YASTISPadang,vol 1 no.(14), 1–13.
Tidjani, A. (2017). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi TantanganGlobalisasi. Jurnal Reflektika, 13(1), 96–126.
Tim Program Kampus Mengajar.2023. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Widayanti, R., & Thedy, A. (2021).Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Program Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 124.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics, 13(2), 188-198.
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129-153.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v29i2.4786
Article Metrics
Abstract view : 1259 timesPDF 96-106 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
INDEXING