Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Balita Berbasis Komunitas --Case Study Pada Komunitas Dayak Kanayant di Dusun Gunung Loncek, Desa Teluk Bakung, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

Indah Listyaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menggambarkan upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak balita pada komunitas Dayak Kanayant, dengan lokasi penelitian di Dusun Gunung Loncek. Analisis pemenuhan kebutuhan dasar anak balita yang dilakukan, menunjukan bahwa setiap komunitas memilki berbagai perangkat sistem keyakinan yang berperan dalam membentuk budaya yang khas di setiap komunitas, termasuk di dalamnya nilai-nilai pengasuhan termasuk pemenuhan kebutuhan dasar yang akan mempengaruhi perkembangan anak. Keterlibatan pengasuh dalam penelitian ini merupakan salah satu kunci dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar anak, dengan mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak. Melalui penelitian ini diharapkan keberadaan sebuah komunitas dengan seperangkat sistem keyakinan yang dimiliki (beliefs), juga dapat memenuhi kebutuhan dasar bagi anak balitanya melalui sistem pengasuhan yang ada dalam komunitas tersebut dalam upaya mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak.

Kata Kunci : pemenuhan kebutuhan dasar, kebutuhan dasar anak, berbasis komunitas. 


Full Text:

PDF

References


Apsari. N.C. 2015. Hak-hak Anak. Bandung : Unpad Press

Aziz Alimul H.A., 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 2. Jakarta : Salemba

Badruddin, Syamsiah. 2010. Pola Pengasuhan Bayi ala Bugis Wajo.Yogya :CEPSIS- Leutikabooks .

Baki, Nasir. 2005. Pola Pengasuham Anak Dalam Keluarga Bugis (Studi Tentang Perubahan Sosial Dalam Keluarga Rappang Di Sulawesi Selatan), Disertasi.Yogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ervika, Eka. 2005. Kelekatan (Attachment) Pada Anak. e-USU Repository Universitas Sumatera Utara

Herlina. 2013. Hubungan Pola Asuh Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Depok : Fakultas Ilmu Keperawatan Prodi Magister Ilmu Keperawatan Peminatan Keperawatan Komunitas.

Koentjaraningrat.1967. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Dian Rakjat. Maccoby, E. 1980.Social Development;

Psychological Growth and the Parent – Child Relationship. New York : Harcout Brace Jovanovich, Inc.

Mahlia, Yamnur. 2009. Pengaruh Karakteristik Ibu Dan Pola Asuh Makan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Di Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Th 2008. Medan : Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Narendra, Moersintowarti. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Ed 1. Jakarta : Sagung Seto.

Nursalam. 2005. Ilmu kesehatan anak. Jakarta: Salemba Medika.

Rahman, Putri Lia., Yusuf, Elvi Andriani. 2012. Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada MasyarakatPesisir Pantai. Jurnal Volume.1 Nomor.1 September 2012. Medan : Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak. Edisi. Ketujuh Jilid 2. (MilaRachmawati, S.Psi dan Anna Kuswanti) Jakarta : Erlangga.

Soetjiningsih.1995.

Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : E GC.

Sunarto, Agus. 1995. Hubungan Anatara Pola Asuh Terhadap Anak Dengan Kepedulian Lingkungan: Studi Kasus Tentang Kepedulian Lingkungan Para Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah Kecamatan Keramatjati Jakarta Timur. Perpustakaan UI : Depok

Supanto, dkk.1990. Pola Pengasuhan Anak Secara Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta. Departemen P dan K. Jakarta.

Yusuf, Syamsu LN .2007. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Konvensi dan Undang-undang :

Unicef, Convention On The Right Of The Child. (Konvensi Hak-hak Anak)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v20i02.947

Article Metrics

Abstract view : 1862 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING