MARKETING POLITIK KOALISI MERAH PUTIH DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2014 DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Marketing Politik Koalisi Merah Putih Dalam Pemilihan Presiden 2014 di Kota Pontianak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan data penelitian, Koalisi Merah Putih mampu menjalankan Marketing Politik kepada masyarakat Kota Pontianak dengan baik, terlihat dari hasil Pemilihan Presiden 2014, Prabowo-Hatta mampu meraih suara sebanyak 182.652 suara atau 59,12%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi Marketing Politik Koalisi Merah Putih Dalam Pemilihan Presiden 2014 di Kota Pontianak yaitu Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga) dan Promotion (Promosi). Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan beberapa saran yaitu : Pertama, kemenangan kandidat dalam sebuah pemilihan umum perlu dibukukan, ini menjadi tantangan bagi mahasiswa Ilmu Politik untuk berkarya dalam bentuk pemikiran dan dituangkan dalam sebuah buku, sebagai bahan referensi bagi yang ingin mempelajarinya. Kedua, data-data, dokumentasi dan fakta terkait pemilihan umum perlu didokumentasikan dengan baik sebagai bagian dari sejarah perjalanan perpolitikan bangsa dan sewaktu-waktu jika diperlukan bisa diakses. Ketiga, partai politik harus tetap menjalin interaksi dengan masyarakat, agar tidak hanya pada saat pemilihan umum saja, sehingga fungsi dari partai politik bisa tersalurkan dengan baik. Keempat, marketing politik dari partai politik harus relevan dan mencerdaskan masyarakat, sehingga saat pemilihan umum berlangsung, masyarakat bisa mendapatkan pendidikan politik untuk menentukan pilihannya memilih pemimpin yang berkualitas.
Kata-kata kunci : Marketing Politik, Koalisi Merah Putih, Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga) dan Promotion (Promosi).
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F1252
Article Metrics
Abstract view : 2105 timesPDF - 1110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia