STRATEGI MARKETING POLITIK LENI YUNIATI DALAM MEMENANGKAN PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN KAYONG UTARA

MUHAMMAD FIRDAUS NIM. E1051131027

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Marketing politik Leni Yuniati dalam memenangkan pemilihan umum legislatif tahun 2014 Kabupaten Kayong Utara, di tinjau dengan teori Marketing politik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display atau penyajian data dan tahap kesimpulan (verifikasi). Lokasi penelitian di Kabupaten Kayong Utara Daerah pilih 3 yang meliputi Kecamatan Teluk Batang dan Kecamatan Seponti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing yang digunakan Leni Yuniati bisa ditinjau dari teori marketing politik oleh Niffenegger dalam Firmanzah (2012) terdapat empat strategi marketing politik yang bisa digunakan dalam pemilu yaitu, Produk : (1) Past record atau catatan yang dilakukan dimasa lampau, merupakan keberhasilan dan pencapaian yang telah dikenang masyarakat selama masa jabatan Leni Yuniati di pemerintahan desa, yaitu sebagai Kaur Desa bidang Kaur Pemerintahan. (2) Promosi : Leni Yuniati menggunakan media online untuk mempromosikan dirinya, media online yang digunakannya adalah media online facebook, Leni Yuniati kerap memposting visi dan misinya, mengunggah gambar-gambar terkait kemajuan daerah yang belum terrealisasi dengan baik. (3) Harga : harga ekonomi Leni Yuniati yaitu mendapatkan bantuan dana dari pihak partai PAN dan sumber dana terbesar berasal dari pihak keluarga besarnya untuk besarnya (4) Tempat : Leni Yuniati mendahulukan mendatangi Desa-desa yang ada di sekitar jangkauannya yang dekat dengan tempat tinggalnya yaitu Desa-desa yang ada di Kecamatan Seponti hal itu dilakukan dengan melihat basis suara pendukungnya.

 

Kata-kata Kunci : Strategi, Marketing Politik, Pemilu Legislatif, Leni Yuniati, Produk, Promosi, Harga, Tempat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F1853

Article Metrics

Abstract view : 1707 times
PDF - 1377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia