ANALISIS ADVERTORIAL PONTIANAK SHOPPING FESTIVAL PADA KORAN PONTIANAK POST

Riesala E1101141034 Anvar, Netty Herawati, Aliyah Nur’aini Hanum

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat kesalahan pada muatan rubrik advertorial Pontianak Shopping Festival periode Oktober 2018. Kesalahan-kesalahan tersebut merupakan sebuah media performance yang tidak maksimal, seperti typo, gambar/isi tidak sesuai, ketidaktelitian dan kesalahan penerbitan. Media Performance menjadi penting untuk diterapkan agar dapat menganalisis isi rubrik advertorial tersebut. Upaya untuk memberikan penilaian (assesment) secara ilmiah terhadap kualitas kerja (performance) media massa merupakan salah satu topik penting dalam studi mengenai media massa. Penelitian Media Performance pada advertorial Pontianak Shopping Festival menggunakan 6 unsur yaitu faktualitas, akurasi, kelengkapan isi, relevansi, keseimbangan, dan netralitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan didukung oleh teori Media Performance oleh McQuail. Hasil penelitian ini menunjukan rubrik Pontianak Shopping Festival yang dinilai bedasarkan teori media performance bersifat kurang faktual, kurang akurat, bersifat lengkap, terdapat relevansi aktualitas, tidak seimbang, dan bersifat netral.

Kata kunci : Media Performance, Advertorial, Pontianak Shopping Festival,   

         Pontianak Post

 

This research was conducted because there were still errors in the advertorial rubric content of Pontianak Shopping Festival for the October 2018 period. These errors were suboptimal media performance, such as typos, inappropriate images/content, inaccuracy and publishing errors. Media Performance is important to implement in order to analyze the content of the advertorial rubric. Efforts to provide a scientific assessment of the work (performance) quality of the mass media are one of the important topics in the study of mass media. Research on Media Performance in the Pontianak Shopping Festival advertorial uses 6 elements, namely factuality, accuracy, completeness of content, relevance, balance, and neutrality. This research used qualitative descriptive approach supported by the theory of Media Performance by McQuail.  The research results indicate that the rubric of Pontianak Shopping Festival rubric judged based on the theory of performance media was factually lacking, inaccurate, complete, actuality relevant, unbalanced, and neutral.

Keywords: Media Performance, Advertorial, Pontianak Shopping Festival, Pontianak Post


Full Text:

PDF

References


Arens. 1992. Contemporary Advertising. Illinois

Ida, R. 2001. Analisis Isi Kualitatif, Ragam Penelitian Isi Media Kuanitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Imawan, T., Jacky, M., Purnomo, T., & Siahaan, H. 2001. Pers yang gamang studi pemberitaan jajak pendapat Timor Timur. Surabaya: Lembaga Studi Perubahan Sosial.

Kotler, P., dan Keller, K. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kriyantono, R. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

McQuail, D. 1992. Mass Communication Theory. London: Sage Publications.

Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu. 2006. Menyingkap Profesionalisme Kinerja Surat Kabar di Indonesia. Jakarta: Dewan Pers.

Siregar, A. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius.

Sumadiria, H. 2006. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. 2002. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunus, S. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jurnal

Dorbian, I. 2009. “Your Article Here: The Endless Advertorial Debate.” Diakses 11 Januari 2019.

Haryanto, I. 2016. “Performa Media, Jurnalisme Empati, dan Jurnalisme Bencana.” Jurnal Ultimacomm 8: 1.

Kunczik, M. 2000. “Introduction: freedom of the press-where to draw the line?.”Friedrich Ebert Journal 1: 5-26. Diakses dari http://www.fes.de/fulltext/iez/00710a.htm

Skripsi

Ardhina Trisila. 2012. “MEDIA PERFORMANCE PEMBERITAAN MOBIL KIAT ESEMKA DALAM HARIAN SOLOPOS PERIODE 3 JANUARI-12 MARET 2012.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Christiany Juditha. 2013. “AKURASI BERITA DALAM JURNALISME ONLINE.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar.

Rosellina.2006.“KECENDERUNGAN STRATEGI KREATIF ADVERTORIAL KOMPAS.” Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mercu Buana.


Article Metrics

Abstract view : 1943 times
PDF - 859 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.