EKSISTENSI RADIO DERMAGA SEBAGAI MEDIA HIBURAN LOKAL KABUPATEN SEKADAU DI ERA INTERNET

Epa E1101141019 Seni Maria, Arkanudin Arkanudin, Dewi Utami

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan hiburan lokal masyarakat Sekadau oleh Radio Dermaga. Permasalahan ini diangkat karena Radio Dermaga mengklaim memiliki pendengar setia berusia 40 s/d 50 tahun, namun tidak ada data untuk membuktikannya. Padahal hal tersebut menjadi acuan para pemasang iklan. Radio Dermaga bersaing dengan media lain seperti televisi dan internet, dan berpotensi kehilangan pendengar di masa depan karena anak muda lebih memilih internet. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teori yang digunakan Uses and Gratifications dari Mc.Quail yang menyebutkan ada enam motif hiburan penggunaan media,yaitu:1) Melepaskan diri dari permasalahan, 2) Bersantai, 3) Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis, 4) Mengisi waktu luang, 5) Penyaluran emosi, 6) Membangkitkan gairah seks. dari analisis bahwa waktu dulu delapan informan belum memiliki televisi, tiga informan merasakan bahwa Radio Dermaga telah memberikan pemenuhan kebutuhan hiburan. Namun informan untuk sekarang sudah memiliki televisi dan handphone sehingga sudah beralih mencari kebutuhan hiburannya dengan menggunakan televisi dan handphond. Kondisi ini membuat Radio Dermaga sekarang sudah tidak eksis lagi. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi Radio Dermaga untuk meningkatkan lagi eksistensinya dimata pendengarnya. Radio di zaman sekarang memang harus bisa bersaing sehingga tidak ketertinggalan atau ditinggalkan. Radio jika dikombinasikan dengan peradaban dunia yang sudah modern ini dan bisa bersaing atau bersanding maka akan tetap selalu menjadi pilihan pendengarnya dalam mencari kebutuhan hiburan. Tergantung lagi pada mata acara siaran dan sasaran khalayak yang dituju. Jika sesuai sasaran dan target maka eksistensi radio akan selalu diakui dan dikenal, meski teknologi dan internet semakin berkembang. Semakin banyak pendengar, maka eksistensi radio semakin diakui dan dikenal banyak orang, dan pendengarnya akan selalu merasa puas dan terpenuhi dalam memenuhi kebutuhan hiburannya.

 

Kata Kunci: Eksistensi, Kepuasan Hiburan, Pendengar.

 

This research aims to determine the fulfillment of local entertainment needs by Dermaga Radio for listeners. This issue was raised because Radio Dermaga claimed to have loyal listeners aged 40 to 50 years, but there was no data to prove it.  Listener data was not owned by Dermaga Radio although this is a reference for advertisers. Radio Dermaga competes with other media such as television and the internet, and has the potential to lose listeners in the future as young people prefer the internet. This research used qualitative methods.  The theory used was McQuail's Uses and Gratifications.  According to Mc.Quail, there are six entertainment motives in the use of media, namely: 1. Getting rid of problems, 2. Relaxing, 3. Getting mental and aesthetic pleasure, 4. Filling spare time, 5. Emotional channeling, 6. Generating sexual desire. There were eight research informants divided by one research informant, namely Nico Bohot. Seven listeners aged 40 to 50 years.  The result of the analysis indicates that in the past the informant did not have a television. Three informants feel that Radio Dermaga have fulfilled entertainment needs. However, the seven informants now have televisions and cellphones (in accordance with the researcher's observation). Therefore, all informants have switched to looking for their entertainment needs by using televisions and cellphones. Consequently, Radio Dermaga is not consumed anymore.  This can be used as an evaluation material for Dermaga Radio to further enhance its existence in the eyes of its listeners.  Radio today must be able to compete so that it is not left behind. Radio, when combined with this modern civilization of the world and can compete or side by side, will always be the choice of listeners in seeking entertainment needs. It depends again on the broadcast program and the target audience. If it is according to the target, the existence of radio will always be acknowledged and recognized, even though technology and the internet are growing. The more listeners, the more people acknowledge and recognize the existence of radio, and the listeners will always feel satisfied and fulfilled for their entertainment needs.

 

Keywords: Existence, Satisfaction in Entertainment, Listener


Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2003. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Ardianto, E.L. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial, Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Anselm Straus dan Juliet Corbin, 2013, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Perss.

Effendy, uchjana Onong . 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Hartono, Jogiyanto. 2008. Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Jefkins, Frank. 1996. Periklanan, Edisi 3. Jakarta: Erlangga

Kerlinger Fred N. 1986.Asas-asas penelitian behavioral edisi ketiga, terjemahan Drs.Landung R.Simatupang, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, Cetakan Kesebelas.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Widiastuti, Niken, Produksi Acara Radio, Yogyakarta: 1992

Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. PT. Rineka Cipta. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1987 times
PDF - 964 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.