EFEKTIVITAS FACEBOOK SEBAGAI SARANA INFORMASI PUBLIK PT. PLN (PERSERO) RAYON KOTA WILAYAH KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penelitian yang ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektivitasan Facebook sebagai sarana informasi publik PT. PLN (Persero) Rayon Kota wilayah Kalimantan Barat dalam memberikan informasi-informasi terkait pemadaman listrik serta aduan-aduan atau kritik dan saran lainnya yang dilakukan oleh pelanggan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan caradokumentasi, yakni dalam hal ini adalah Facebook serta dengan menggunakan angket. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa responden penelitian terdiri dari 58 orang laki-laki dan 42 orang perempuan dengan usia yang berbeda-beda. Untuk persentase variabel efektivitas penggunaan facebook sebesar 78,48% dengan kata lain senada dengan Ho yang berbunyi tingkat efektivitas facebook oleh PLN ≥ 70%. Dari data tersebut menandakan bahwa Facebook sebagai sarana informasi publik PT. PLN (Persero) Rayon Kota wilayah Kalimantan Barat dalam memberikan informasi-informasi terkait pemadaman listrik serta aduan-aduan atau kritik dan saran lainnya yang dilakukan oleh pelanggan sudah cukup efektif dengan presentase yang melebihi rata-rata keefektivitasan yakni 70%. Akan tetapi, tidak dipungkiri pula bahwa terdapat 30% dari responden yang merasakan dampak atas ketidak efektivan sarana informasi publik tersebut.Penelitian ini diharapkan menjadi acuan atau pedoman bagi peneliti berikutnya, para pengembang ilmu komunikasi, serta pihak-pihak terkait, seperti; PT. PLN maupun pemerintah setempat untuk dapat terus memperbaiki pelayanan komunikasi publik.
Kata Kunci: Efektivitas Facebook, sarana informasi publik, pendekatan kuantitatif, dokumentasi, dan angketFull Text:
PDFReferences
Referensi Buku:
Albaran, Alan B. (2013). The Social Media Industries. New York: Routledge.
Arikunto, S. (2009).Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2000).Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cresswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwiyanto, Agus, , et al. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Grunig, James. (2009). Paradigms of global public relations in an age of digitalisation.Prism.www.prismjournal.org/fileadmin/PraxisFiles/globalPR/GRUNIG.pdf.
Hardjana, Andre., 2000, Audit Komunikasi Teori dan Praktek, Jakarta, Grasindo.
Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.
Lievrouw, Leah A dan Livingstone, Sonia (Eds).(2006). Introduction to the updated student edition. Handbook of new media: Social shaping and social consequences of ICTs. Dalam L.A Lievrow & Sonia M. Livingstone (Eds), Handbook of new media. London: Sage.
Macnamara, J, (2010b). Public relations and the social: How practitioners are using, or abusing, social media. Asia Paci c Public Relations Journal, 11.
Montalvo, Roberto E. (2011). Social Media Management. International Journal of Management & Information Systems – Third Quarter 2011 Vol. 15, No. 3: hal 91-96.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Purwanto, A. Sulistyastuti,D.R. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta:Gaya Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Edisi kelima.Bandung : Tarsito
Sugiyono, (2015).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Sugiyono.(2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
Media Online:
Syukro, Ridho. (2014). Ombudsman: Pengaduan Masyarakat terkait Pelayanan Publik Meningkat 350%. Retrieved from http://www.beritasatu.com/nasional/230528-ombudsman-pengaduanmasyarakat-terkait-pelayanan-publik-meningkat-350.html diakses pada 1 April 2019
Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk kementrian perdagangan RI. Jakarta. Kementrian Perdagangan RI. http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/01/15/buku-media-sosial-kementerianperdagangan-id0-1421300830.pdf
Utari, Prahastiwi. (2011). Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.
https://www.pln.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan. diakses; 2 Desember 2018
http://www.marketrends.asia/2013/02/focus-group-discussion-research.html.Diakses; 1 Oktober 2019
http://fitwiethayalisyi.wordpress.com/teknologi-pendidikan/penelitian-kualitatif-metode-pengumpulan-data/.Diakses; 1 Oktober 2019
http://yunitaardha.blogspot.com/2012/04/kumpulan-teori-efektivitas.html/Diakses; 8 November 2019
Article Metrics
Abstract view : 1581 timesPDF - 872 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.