SEMIOTIKA TAMPILAN VISUAL HEADLINE PILKADA SERENTAK PADA HARIAN SUARA PEMRED

AZHAR HIDAYAH NURSASONO, Ira Patriani, Aliyah Nur’aini Hanum

Abstract


Penelitianinidilatarbelakangi oleh kejadianmultitafsirdariberita yang dimuat di headlineharianSuaraPemrededisiPilkadaserentak.Saatpilkadaserentaktahun 2018, SuaraPemredmenerbitkankarikaturmengenai 3 kandidatgubernur Kalimantan Barat yang berasaldaripartai-partaiberbeda.Pembacamenafsirkanmaknaberbedaataskarikaturtersebut yang tidaksesuaidenganmaksudpihakSuaraPemred.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanheadlinedariperspektiftampilan visual menggunakansemiotikadesaingrafis dan faktor yang menyebabkanterjadinyamultitafsirtersebut. Data yang dikumpulkanmenggunakanteknikdokumentasi yang dimanapenelitimengumpulkan data dalambentukdokumen, seperticatatan, arsip, data-data yang dapatdigunakansebagaipendukungpenelitan. Serta teknikwawancara yang dilakukankepadapihak-pihakterkaitdibalikpembuatanheadline, dan ahli di bidangsemiotikasertasosiologturutsertamemberikanopininyaterhadapobjekpenelitian.Berdasarkananalisispeneliti, hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwatampilan visual (tipografi, ilustrasi, warna dan layout)dapatmempengaruhipenafsiranpembacaterhadapsebuahberita danilustrasisebagaiindikator yang paling signifikan. 

 

Kata Kunci : Semiotika, Visual Headline, PilkadaSerentak


Full Text:

PDF

References


Agustinova, Danu Eko. 2015. MemahamiMetodePenelitianKualitatifTeori dan Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Ahmadi, Rulam. 2016. MetodelogiPenelitianKualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Amborse, Gavin & Harris, Paul. 2005. Basics Design: Layout. London: AVA Publishing.

Ardial. 2014. Paradigma dan Model PenelitianKomunikasi. Jakarta: PT BumiAksara.

Ardianto, Elvinaro dan LukiatiKomalaErdinaya. 2004. Komunikasi Massa: SuatuPengantar. Bandung: SimbiosaRekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa SuatuPengantar. Bandung: SimbosaRekatama Media.

Bungin, Burhan. 2008. KonstruksiSosial Media Massa. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. 2012. PengantarImuKomunikasi. Jakarta: PT. Raja GraffindoPersada.

Danesi, Marcel. 2011. Pesan, Tanda, dan MaknaTeori Teks Dasar MengenaiSemiotika dan TeoriKomunikasi. Jakarta: Jalasutra

Effendy, OnongUchyana. 2011. IlmuKomunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: RemajaRosdakarya.

Jensen, Jay W. & Peterson, Theodore. 2004. Media Massa dan Masyarakat Modern(edisikedua). Jakarta: Prenada Media.

Kadaruddin. 2018. Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia PembelajaranBerbasisPowerpoint. Yogyakarta: Deepublish.

Karang, Ni Putu Grahayani. 2016. Iklan Hotel BerbahasaJepang: Kajian Semantik. JurnalLinguistika 23(45), pp. 205-213.

Kusniadi. 2018. Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher

Hamidah, Lilik&Sa'diyyah, Cholimatus. 2011. AnalisisSimbolIklanRokokDji Sam Soe Gold (Kajian AnalisisSemiotikPendekatan Roland Barthes). JurnalIlmuKomunikasi 1(2), pp. 236-268.

Novianti, Evi. 2019. TeoriKomunikasiUmum dan Aplikasinya. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nurudin. 2013. PengantarKomunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Pujileksono, Sugeng. 2015. MetodePenelitianKomunikasiKualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Purbasari, M., &Jakti, D. R. I. K. 2011. WarnaDingin Si PemberiNyaman. JurnalHumaniora, 5(1), pp. 357-366.

Pureklolon, Thomas Tokan. 2016. KomunikasiPolitik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. PsikologiKomunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal TerhadapIlmu Sastra. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Riswandi, 2009. IlmuKomunikasi. Jakarta: GrahaIlmu.

Romli, Khomsahrial. 2017. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.

Rustan, Surianto. 2008. Layout Dasar &Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Edi &Setiansah, Mite. 2012. TeoriKomunikasi. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Santosa, Sigit. 2009. Creative Publishing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Severin, Werner & James, Tankard. 2011. Communication Theories: Origins Methods Use. Jakarta: Kencana.

Sihombing, Danton. 2015. Tipografidalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Sumadiria, Haris. 2008. Jurnalistik Indonesia. Bandung: SimbiosaRekatama Media.

Tinarbuko, Sumbo. 2011. SemiotikaKomunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Witabora, Joneta. 2012. Peran dan PerkembanganIlustrasi. JurnalHumaniora, 3(2), pp. 659-667.


Article Metrics

Abstract view : 1334 times
PDF - 782 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.