PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK UNIQLO PADA GENERASI MILLENNIALDI KOTA PONTIANAK

HILLARY WIJAYA, Lina Sunyata, Dewi Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trustworthiness (kepercayaan), expertise (keahlian), attractiveness (daya tarik), respect (hal yang dihormati), dan similarity (kesamaan) yang dimiliki celebrity endorser di Instagram terhadap perilaku pembelian produk Uniqlo pada generasi millennial di Kota Pontianak secara simultan dan juga secara parsial. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui metode penyebaran kuesionerkepada 100 orang sampel yang merupakan generasi millennial di Kota Pontianak. Hasil kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data dari responden yang mengetahui brand Uniqlo melalui postingan celebrity endorser Pontianak di Instagram. Skala pengukuran yang digunakan dalam menilai jawaban dari responden menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelima faktor celebrity endorser tersebut tidak semua berpengaruh terhadap perilaku pembelian generasi millennial di Kota Pontianak. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hanya variabel trustworthiness (X1), expertise (X2) dan similarity (X5) yang mempengaruhi perilaku pembelian generasi millennial di Kota Pontianak. Hasil penelitian lain dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa kelima faktor tersebut secara bersama-sama mempengaruhi perilaku pembelian generasi millennial di Kota Pontianak.

 

Kata Kunci :Celebrity Endorser, Perilaku Pembelian, dan Generasi Millennial


Full Text:

PDF

References


Arora, Amishi, dan Sahu, Khushbu. 2014. Tears Model: A Company Should Use For Celebrity Endorsement. International Journal of Applied Services Marketing Perspectives. Vol. 3. No. 1. (diakses tanggal 8 Desember 2020 pukul 19.28).

Belch, G.E., Belch, M.A. (2003). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communication Perspective (6th Edition). New York : McGraw Hill.

Ibtisam, Fatimah. 2016. Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial. Diakses pada 4 Februari 2021 melalui https://rencanamu.id/post/life/how-to/serba-serbi-dan-cara-seputar-meng-endorse-dan-di-endorse-di-media-sosial

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang : UIN-Malang Pers.

Khong, K . W. & Wu, Y. L., (2013), “Measuring the impact of celebrity endorsement on consumer behavioural intentions: a study of Malaysian consumers,” International Journal of Sports Marketing & Sponsorship, April 2013, pg. 157-177.

Kinnear, Thomas C. dan Taylor, James R. 1995. Marketing Research : An Applied Approach. New York : McGraw Hill

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.

Shimp, Terence. A. 2007. Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I. Edisi Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis-Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Wiryawan, Driya dan Pratiwi, Anisa. 2009. Analisis Pengaruh Selebriti Endorser Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Kartu Prabayar XL Bebas Di Bandar Lampung, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5 No.3, Mei, hal 235


Article Metrics

Abstract view : 1030 times
PDF - 737 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.