PERAN HUMAS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KETAPANG DALAM MEMPUBLIKASIKAN WEBSITE PENGADUAN MASYARAKAT DI KECAMATAN DELTA PAWAN
Abstract
Dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Ketapang khususnya di Kecamatan Delta Pawan, Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang menyediakan wadah pengaduan masyarakat berupa website pengaduan masyarakat yang dikases melaluiHttp://www.Ketapangkab.go.i.untuk masyarakat Kabupaten Ketapang. Pemerintah berinisiatif untuk memberikan tempat bagi masyarakat yang ingin mengadukan permasalahan yang ditemukan masyarakat baik melalui lingkungan maupun pelayanan yang ada di Dinas-dinas Pemerintah di Kabupaten Ketapang. Sejak 2018-2020 hanya 20 pengaduan yang masuk ke website pengaduan masyarakat dikarenakan masyarakat masih banyak belum mengetahui adanya website pengaduan masyarakat ini dan melalui Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang dalam mempublikasikan website pengaduan masyarakat kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis eksploratifkualitatif, dan dianalisis menggunakan konsep peran humas dariDozier dan Broom (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapangbelum melakukan perannya sebagai penasihat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi dalam mengelola website pengaduan masyarakat dan mempublikasikan ke masyarakat karena adanya faktor latar belakang pendidikan yang berbeda dan dikarnakan budaya masyarakat yang kurang melek media yang mengakibatkan kurangnya informasi mengenai website pengaduan masyarakat.Rekomendasi atau saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya dilakukan kegiatanyang mendukung dalam melakukan publikasi website pengaduan masyarakat ke masyarakat serta perlunya kesadaran Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang untuk memberikan solusi dan evaluasi yang berkala dalam menjalan program website pengaduan masyarakat.
Kata Kunci: Peran Humas, Pemerintah Daerah, Website Pengaduan Masyarat
Full Text:
PDFReferences
Malelong, Lexy J.2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchyana. 2006. Hubungan Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Morissan.2010. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenada Media Group
.
Ruslan, Rosadi. 2016. Manajemen Public Relations &Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cutlip, Scott M, Center, Allen, H, & Broom, Glen. M. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: PT Gelora Aksara.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tulung, H Freddy, 2013. Berkomunikasi Di Ruang Publik Implementasi Kehumasan Pemerintah: Kementrian Komunikasi dan Informatika RI
Widjaya, A.W. 1986. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 932 timesPDF - 535 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.