KUALITAS PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG

HEROSIUS NIM. E21112007

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang. Permasalahan yang terjadi terkait dalam pelayanan yang diberikan Puskesmas Monterado kepada masyarakat yaitu jumlah tenaga kesehatan yang masih kurang, kurangnya kepedulian dan perhatian penggunan layanan secara individual yang diberikan oleh pihak penyelenggara pelayanan, dan kurangnya sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori Fitzsimmons dan fitzsimmons tentang dimensi pokok kualitas pelayanan, karena pelayanan berkaitan erat dengan jasa yang diterima oleh masyarakat selaku pelanggan.  Dimensi keandalan(reliability), daya tanggap (responsiveness), empati(empahty), jaminan(assurance). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi reliability, dimensi assurance dan dimensi emphaty sudah terlaksana dengan baik dimana pada dimensi reliability puskesmas telah melaksanakan pelayanan yang janjikan. Pada assurance pegawai puskesmas dalam memberikan informasi kepada pasien tidak marah-marah dan untuk dimensi emphaty petugas memiliki kemauan untuk mamahami kebutuhan dan manjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat. Sedangkan pada dimensi responsiveness masyarakat masih kurang puas dengan kecepatan pelayanan yang diberikan dan terkesan lamban. Saran dari penelitian ini adalah menambah jumlah pegawai agar pelayanan dari puskesmas bisa terwujud yaitu kepuasan pasien bisa terpenuhi.

Kata-kata Kunci : Kualitas. Pelayanan, Reliability, Responsiveness, Emphaty, Assurance


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i2.1070

Article Metrics

Abstract view : 2214 times
PDF - 1115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696