KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS MUSEUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis kualitas pelayanan dan mendeskripsikan kualitas pelayanan pegawai dalam memberikan pelayanan edukatif kultural kepada pengunjung di Museum Provinsi Kalbar. Jenis penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah Penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tiga dimensi pelayanan (Tjiptono,2007:172) yaitu Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Emphaty (Perhatian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Realibility: kurangnya faktor komunikasi dalam mensosialisasikan peraturan yang ada di UPT. Museum Provinsi Kalbar 2.Responsiveness : petugas dalam memberikan pelayanan edukatif kultural kepada pengunjung belum memahami rincian tugas yang harus digunakannya. 3.Emphaty: petugas kurang mampu menyikapi sikap tegas dan penuh perhatian terhadap pengunjung. Saran penelitian bagi UPT. Museum Kalbar adalah untuk meningkatkan realibilitas petugas harus mewujudkan prinsip pelayanan, untuk responsivitas perlu diadakan standar pelayanan, kompetensi dan keahlian petugas, untuk emphaty diperlukan perilaku petugas pelayanan yang akuntabilitas, kondisional, dan partisipatif dengan memerhatikan aspirasi, kesamaan hak dan tidak bersikap diskriminatif.
Kata-kata kunci : Kualitas Pelayanan, Realibilitas, Responsivitas, dan Empati
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i2.1088
Article Metrics
Abstract view : 1889 timesPDF - 1028 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696