KINERJA PEGAWAI PT. PLN (PERSERO) AREA KETAPANG DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja pegawai PT. PLN (persero) Area Ketapang dalam pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan yang terjadi terkait dalam pelayanan yang diberikan PT. PLN kepada masyarakat yaitu Produktivitas PT. PLN (persero) Area Ketapang masih rendah, rendahnya Kualitas pelayanan, Responsivitas pelayanan PT. PLN kurang, kurangnya akuntabilitas kepada masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan teori Herbani Pasolong tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Teori tersebut dipengaruhi oleh Faktor Kemampuan, Kemauan/Motivasi, Energi, Teknologi, Kompensasi, Kejelasan tujuan dan Keamanan. Berdasarkan wawancara dan hasil observasi bahwa kinerja pegawai PT. PLN (persero) Area Ketapang masih rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan dikaji dari faktor kemampuan PT. PLN (persero) Area Ketapang dalam pelayanan kepada masyarakat tidak adanya pelatihan untuk pegawai lapangan serta kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, dikaji dari kemauan/motivasi masih kurang karena pegawai kurang mengutamakan kepentingan masyarakat, dikaji dari faktor energi pegawai yang melayani dinilai kurang tepat dan lambat dalam penanganan keluhan masyarakat, dikaji dari teknologi kinerja pegawai belum maksimal karena tidak semua pelanggan menggunakan pelayanan online hal ini disebabkan karena tidak semua daerah di Ketapang yang memiliki jaringan, serta masih banyak masyarakat Ketapang yang tidak mengetahui pelayanan Online, dikaji dari kompensasi belum cukup efektif karena tidak memberikan kepuasan dan keadilan bagi pegawai, selanjutnya dikaji dari kejelasan tujuan PT. PLN memiliki SOP tetapi dilapangan ditemui dalam penyelesaian keluhan masyarakat tidak sesuai prosedur, dikaji dari keamanan sering mendapatkan gangguan dari masyarakat penyebabnya ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Diharapkan PT. PLN (persero) Area Ketapang dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan menambah jumlah pegawai dan memberikan pelatihan kepada pegawai lapangan, menambah material pendukung pekerjaan pegawai, memilih pegawai yang tepat dari fisik dan psikis, melakukan sosialisasi tentang adanya pelayanan online, lebih efektif memberikan kompensasi pada pegawai, melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai dan memberikan jaminan kerja kepada pegawai.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Pelayanan Masyarakat
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v6i1.1380
Article Metrics
Abstract view : 2078 timesPDF - 1814 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696