KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SUNGAI KUNYIT DALAM KECAMATAN SUNGAI KUNYIT KABUPATEN MEMPAWAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Desa Sungai Kunyit Dalam Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Permasalahan yang mengenai kualitas pelayanan ini tidak keterbukaan dan realisasinya pembiayaan untuk pembuatan surat pengantar Kartu Tanda Penduduk (KTP), aparatur desa masih kurang memperhatikan catatan buku harian kependudukan dan peristiwa penting dalam catatan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat untuk melakukan pembuatan surat pengantar diluar jam kerja dan tidak dikantor, tetapi dilakukan dirumah pegawai yang mana harus dilaksanakan pada waktu jam kerja kantor desa. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan Prima (Sinambela 2010:6) yang meliputi 6 (enam) dimensi yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, dan Kondisional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Desa Sungai Kunyit Dalam Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah belum memenuhi harapan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan yang ada belum berkerja efektif karena masih terdapat pelayanan masih diadakannya pembiayaan, dan catatan yang tidak diperhatikan dan dilakukan dengan efesien. saran yang dapat diberikan kedepannya perlu lebih terbuka dalam setiap pembiayaan pembuatan surat pengantar KTP maupun pelayanan lainnya, selalu memperhatikan catatan harian peristiwa kependudukan dalam kepemilikan KTP dan harus lebih disiplin dalam pelayanan dikantor, karena sudah ditentukan dan dibuat bahwa melakukan pelayanan harus sesuai standar operasional prosedur.
Kata-kata kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Tertib Administrasi, Desa Sungai Kunyit Dalam, Kabupaten Mempawah
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v6i1.1425
Article Metrics
Abstract view : 2299 timesPDF - 1122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696