KUALITAS PELAYANAN PASIEN DI PUSKESMAS BANJAR SERASAN KELURAHAN BANJAR SERASAN KECAMATAN PONTIANAK TIMUR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pasien di Puskesmas Banjar Serasan Kelurahan Banjar Kerasan Kecamatan Pontianak Timur. Permasalahan yang terjadi terkait dalam pelayanan yang diberikan Puskesmas Banjar Serasan kepada pasien yaitu kurangnya daya tanggap dalam melayani pasien, kurangnya keramahan petugas kepada pasien serta adanya kerusakan fasilitas kesehatan penunjang pelayanan dental unit poli gigi yang ada di puskesmas banjar serasan dalam proses pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori widodo yaitu tolak ukur kualitas pelayanan. Hasil dari penelitian ini yaitu petugas puskesmas tidak standby diruangannya sehingga untuk mendapatkan pelayanan pasien harus mencari petugas yang bekerja, kemudian dilihat dari sikap petugas dalam melayani pasien dengan kasar dan kurang ramah terhadap pasien, kemudian permasalahan lain yaitu alat penunjang pelayanan yang rusak yaitu alat dental unit sehingga pasien tidak bisa mendapatkan pelayanan tersebut. Kurang maksimalnya kualitas pelayanan pasien di Puskesmas Banjar serasan dalam pelayananya perlu diperbaiki sehingga pasien mendapatkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.
Kata-kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Puskesmas dan PasienFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v6i1.1433
Article Metrics
Abstract view : 2137 timesPDF - 1312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696