PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN SERASAN TIMUR KABUPATEN NATUNA
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmenganalisis kualitaspelayananadministrasikependudukan di KecamatanSerasan Timur. Adapun penelitianinidilakukandenganmenggunakanjenispenelitiandeskriptifpengolahan data secarakualitatif. Teori yang digunakansebagaianalisisdalampenelitian iniadalahteori Zaithaml (Hardiansyah 2011:46), 5 dimensi kualitas pelayanan publik : 1) Kehandalan, kesimpulannya adalah penerapan dalam pe terdapat kekurangan dalam pelaksanaan dan penyediannya, seperti jumlah komputer dan printer yang minim. 3) Respon, kesimpulannya adalah pegawai terhadap masyarakat sudah cukup baik, pegawai cukup ramah, belum tersediannya sarana untuk menyampaikannya sa layana administrasi belum terselenggara secara optimal. 2) Berwujud, kesimpulannya adalah ran atau aspirasi dari masyarakat. 4) Jaminan, kesimpulannya adalah pelayanan perekaman e-KTP di Kecamatan Serasan Timur terkait pemberian pelayanan yang tepat masih belum terpenuhi. 5) Empati/kepedulian, kesimpulannya adalah secara keseluruhan sudah berjalan sangat baik, dimana pegawai kantor Camat ramah dan sopan. Lokasipenelitian di KecamatanSerasan Timur. SubjekpenelitianadalahCamat, SekCam, KepalaSeksibesertaStafKecamatanSerasan Timur, dan masyarakatKecamatanSerasan Timur yang sedangmelakukanpembuatanAdministrasiKependudukan. Teknik pengumpulan data denganobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun saran yang direkomendasikan oleh peneliti agar dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dalam melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan, khususnya dalam perekaman e-KTP.
Kata Kunci:Pelayanan, AdministrasiKependudukan.Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. 2007. Analisis data penelitiankualitatifpemahamanfilosofi dan metedologikearahpenguasan model aplikasi. Jakarta : PT Rajagrafindopersada.
FandyTjiptono. 2006. ManajemenJasa. Edisipertama. Yogyakarta : Andi
Hardiansyah. 2011. KualitasPelayananPublik. Yogyakarta :Gava Media.
Lembaga Administrasi Negara. 2008. OperasionalPelayanan Prima. Jakarta : LAN
Moenir, H.A.S. 2006. ManajemenPelayananUmum di Indonesia.Jakarta :BumiAksara
Moleong, Lexy, J. 2002. MetodePenelitianKualitatif. Bandung : PT RemajaRosdakarya.
--------2013. MetodePenelitianKualitatif. EdisiRevisi. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Ratminto&AtikSeptiWinarsih. 2005. ManajemenPelayanan :Pengembangan Model Konseptual, PenerapanCitizen`S Charter dan StandarPelayananMinimal. Yogyakarta :PustakaPelajar.
Rohman, Ahmad Ainur, Sa`Id, M. Mas`Ud, Arif, Saiful, Purnomo. 2010. ReformasiPelayananPublik. Malang : Averroes Press.
Santosa, Pandji. 2009. AdministrasiPublik :Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : PT. RefkaAditama.
Sinambela, LijanPoltak. 2010. ReformasiPelayananPublik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi.Jakarta : PT. RefikaAditama.
Sedarmayanti. 2009. ReformasiAdministrasiPublik, ReformasiBirokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan (MewujudkanPelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung : PT. BumiAksara.
-------- 2007. MemahamiPenelitianKualitatif.Bandung :Alfabeta.
Siagian, Sondang P. 1990. ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta : PT BumiAksara.
Sugiyono. 2012. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung :Alfabeta.
Sulistiyani, Ambar Teguh, Rosidah. 2009. ManajemenSumberDayaManusia :Konsep, Teori Dan PengembanganDalamKonteksOrganisasiPublik. Yogyakarta :GrahaIlmu.
Surjadi,2009. PengembanganKinerjaPelayananPublik. Bandung : PT. RefikaAditama.
Syafiie, InuKencana. 2009. PengembangnKinerjaPelayananPublik. Bandung : PT. RefikaAditama.
Tohardi. 2008. PetumjukPraktisMenulisSkripsi. Bandung : Mandar Maju.
Skripsi :
Lukman Sahari (2014) berjudul ”PelayananDalamPembuatan e-KTP Di Kantor CamatKecamatanSelakauKabupaten Sambas”. Pontianak :FakultasIlmuSosial dan IlmuPolitikUniversitasTanjungpura.
Adrianus (2015) berjudul “PelayananAktaKelahiran di DinasKependudukan dan CatatanSipilKabupaten Melawi”. Pontianak :FakultasIlmuSosial dan IlmuPolitikUniversitasTanjungpura.
PeraturanUndang-Undang :
Undang-UndangNomor 23 Tahun 2006 tentangAdministrasiKependudukantelah di ubahdenganUndang-UndangNomor 24 Tahun 2013.
Undang-UndangNomor 29 Tahun 2009 tentangPelayananPublik.
Undang-Undangnomor 24 Tahun2013 tentangpendaftaranpenduduktentangperubahanatasUndang-Undang.
Undang-Undangnomor 9 Tahun 2015 tentangperubahankeduaatasUndang-UndangNomor 23 Tahun 2014 tentangPemerintahan Daerah.
RujukanElektronik :
Peraturan Daerah KecamatanSerasan Timur KabupatenNatunaNomor 2 Tahun 2012 tentangPenyelenggaraanAdministrasiKependudukan.
PeraturanPemerintahRepublik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentangPelaksanaanUndang-Undang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i1.2593
Article Metrics
Abstract view : 1745 timesPDF - 2630 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696