KUALITAS PELAYANAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PONTIANAK DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Andika Widia Putra : Kualitas Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak Di Masa Pandemi Covid-19. SKRIPSI : Program studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bagaimana Kualitas Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak di masa pandemi Covid-19. Permasalahan dalam pelayanan E-KTP ini yaitu masih kurangnya sarana seperti bangku tunggu dalam mendukung pelayanan E-KTP yang mengakibatkan adanya masyarakat yang berdiri. Fokus penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi, yaitu teknik triangulasi sumber,triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini menggunakan teori Zeithaml (dalam Ratminto & Atik, 2005, 175) yang menyatakan kualitas pelayanan dapat diukur dari 5 dimensi yaitu: 1) Berwujud, kesimpulan dari aspek ini adalah sarana dan prasarana masih belum optimal, dan harus adanya pengoptimalan tata letak ruangan dan penambahan ruangan. 2) Kehandalan, kesimpulan dari aspek ini adalah kehandalan pegawai sudah baik, dan harus ditingkatkan lagi. 3) Ketanggapan, kesimpulan pada aspek ini adalah ketanggapan pegawai dalam memberikan jawaban ketika adanya gangguan jaringan atau masalah masih belum pasti, dan harus lebih dioptimalkan demi kepuasan masyarakat.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, E-KTP, Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Buku
Istianto, Bambang. 2011.
Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta : Mitra Wicana Indah.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori
dan Konsep Pelayanan Publik Serta implementasinya. Bandung: CV.Mandar Maju
Maleong, J Lexy. 2007.
Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moenir, H.A.S.2008.
ManajemenPelayanan
Umum Di Indonesia.Jakarta:PT Bumi Aksara.
Mukarom, Zaenal dan W.
Muhibudin.2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung : CV Pustaka Setia.
Pasolong, Harbani. 2013.
TeoriAdministrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Pasolong, Harbani. 2013.
Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Ratminto dan Atik. 2005.
Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka PELAJAR.
Ridwan dan Sudrajat. 2009.
Hukum Administrasi dan Pelayanan Publik. Bandung : Nuansa.
Safroni ladzi. 2012.
Manajemen dan reformasi pelayanan publik. Malang: Aditya Media Publishing.
Sinambela, dkk. 2006.
Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono,2009. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono,2019. Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, dan Chandra.
Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, dan Chandra. 2016.
Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Ulber, Silalahi. 2009. Metode
Penelitian Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.
Waluyo. 2007. “Manajemen
Pelayanan (Konsep,Aplikasi dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah)”. Bandung : Mandar Maju.
⦁ Peraturan Perundang-Undangan
Keputusan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003.
Undang-undang Nomor 25
Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi kependudukan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v11i3.2969
Article Metrics
Abstract view : 1794 timesPDF - 1796 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696