PELAYANAN DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I PONTIANAK
Abstract
Permasalahan pada kualitas pelayanan dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak yang terjadi berdasarkan keluhan dari masyarakat adalah ruangan yang sempit serta banyaknya pemohon mengakibatkan kurangnya perhatian petugas dalam melayani masyarakat, masih sering terjadi ketidaktepatan waktu penyelesaian pembuatan paspor, dan antrian yang panjang pada loket pengambilan nomor antrian foto, wawancara dan sidik jari. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kualitas pelayanan dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menemukan gejala secara sistematis serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak adalah fasilitas fisik kurang efektif, penyelesaian waktu pembuatan paspor tidak tepat dengan waktu yang ditentukan, daya tanggap petugas yang melayani masih kurang respon, keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan sudah cukup baik hanya saja terkadang terjadi kelambanan pelayanan yang diberikan petugas kepada pemohon, dan penyampaian informasi masih kurang baik karena tanpa adanya inisiatif dari petugas untuk menyampaikan informasi secara langsung kepada masyarakat. Secara keseluruhan Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Pontianak adalah cukup memuaskan. Saran yang dapat diberikan untuk kedepannya adalah kepada Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak lebih meningkatkan sarana dan prasarana sehingga diharapkan mampu bekerja secara efektif dan lebih baik, menambah sumber daya manusia yang kompeten, harus tanggap dengan keluhan masyarakat dan memberikan himbauan kepada petugas tata cara pelayanan publik yang baik, ramah dan sopan.
Kata-kata Kunci: Paspor, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i2.638
Article Metrics
Abstract view : 2500 timesPDF - 1560 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696