PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN PDAM TIRTA KHATULISTIWA DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN PERDA KOTA PONTIANAK NO 04 TAHUN 2009
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu proses penangan komplain pelanggan, berkaitan dengan masih banyak pelanggan PDAM yang mengeluh akan pelayanan yang mereka terima, seperti kualitas air yang tidak sesuai dengan air bersih, ketidaksesuaian angka meter air dengan jumlah pembayaran yang dibebankan kepada pelanggan, dan air yang sering macet. Adapun tujuan dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis proses penanganan komplain pelanggan PDAM dalam menanganai keluhan pelanggan, yang menggunakan teori George C.Edward III dengan empat variable yakni komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Mencakupi 4 (empt) hal yaitu komunikasi antara petugas PDAM dengan konsumen mengalami masalah dalam penyampaian informasi. Pada permasalahan sumber daya, kelemahan pada staf-staf PDAM menguasai lapangan. Selanjutnya masalah disposisi yaitu terkendala pada sarana dan prasarana serta biaya yang diperlukan. Yang terakhir struktur birokrasi yaitu koordinasinya yang masih kurang. Adapun saran nya yaitu penyampaian komunikasi ditingkatkan serta melakukan koordinasi dengan baik, Meningkatkan sumberdaya yang ada, baik itu sumberdaya manusia, uang, dan saran prasarana yang digunakan. Pemberian reward kepada petugas sebagai motivasi untuk berkerja lebih baik lagi dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan.dan Melakukan koordinasi yang lebih intens dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan proses penanganan komplain pelanggan.
Kata-kata Kunci : Komplain, Pelanggan, Pelayanan, dan Penanganan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i3.684
Article Metrics
Abstract view : 2606 timesPDF - 2759 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696