PELAKSANAAN PELAYANAN PENGADUAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN KUBU RAYA

RULLY RAMANDA NIM. E21108135

Abstract


Untuk memberikan pemahaman terutama tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas PDAM kepada pelanggan PDAM Kubu Raya yang telah menyampaikan pengaduan. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana metode penelitian ini akan memberikan dengan sistematis dan cermat. Hasil penelitian ini secara singkat  sebagai berikut : 1) Kehandalan petugas, 2) Respon petugas, 3) Kenyamanan pelanggan, 4) Perhatian petugas terhadap pelanggan yang melakukan pengaduan, dan 5) Fasilitas fisik kantor PDAM Kubu Raya.

Kehandalan petugas dalam pelayanan pengaduan pelanggan di PDAM, respon petugas pada saat pelanggan datang melakukan pengaduan, kenyamanan pelanggan dalam melakukan aduan di Kantor PDAM , perhatian petugas terhadap pelanggan yang melakukan pengaduan, serta fasilitas fisik kantor PDAM Kubu Raya semuanya harus dalam koridor standarisasi pelayanan yang baik. Ini dimaksudkan agar terdapat sinergisitas antara pelaporan dan petugas serta instansi yang menaungi kegiatan tersebut yaitu PDAM Kabupaten Kubu Rayauntuk mencapai subuah sistem manajemen pelayanan yang seharusnya.

 

Kata-kata Kunci : Kehandalan, Respon, Kenyamanan, Perhatian dan Fasilitas Fisik PDAM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i2.704

Article Metrics

Abstract view : 1875 times
PDF - 1395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696