PELAKSANAAN PELAYANAN PENGADUAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Untuk memberikan pemahaman terutama tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas PDAM kepada pelanggan PDAM Kubu Raya yang telah menyampaikan pengaduan. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana metode penelitian ini akan memberikan dengan sistematis dan cermat. Hasil penelitian ini secara singkat sebagai berikut : 1) Kehandalan petugas, 2) Respon petugas, 3) Kenyamanan pelanggan, 4) Perhatian petugas terhadap pelanggan yang melakukan pengaduan, dan 5) Fasilitas fisik kantor PDAM Kubu Raya.
Kehandalan petugas dalam pelayanan pengaduan pelanggan di PDAM, respon petugas pada saat pelanggan datang melakukan pengaduan, kenyamanan pelanggan dalam melakukan aduan di Kantor PDAM , perhatian petugas terhadap pelanggan yang melakukan pengaduan, serta fasilitas fisik kantor PDAM Kubu Raya semuanya harus dalam koridor standarisasi pelayanan yang baik. Ini dimaksudkan agar terdapat sinergisitas antara pelaporan dan petugas serta instansi yang menaungi kegiatan tersebut yaitu PDAM Kabupaten Kubu Rayauntuk mencapai subuah sistem manajemen pelayanan yang seharusnya.
Kata-kata Kunci : Kehandalan, Respon, Kenyamanan, Perhatian dan Fasilitas Fisik PDAM
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i2.704
Article Metrics
Abstract view : 1875 timesPDF - 1395 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696