PERSEPSI KONSUMEN ATAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA PANCUR AJI KABUPATEN SANGGAU

PAHRUNI NIM. E21110004

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kekurang puasan pelanggan atas pelayanan air bersih.Di samping itu pelayanan yang diberikan oleh Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau kurang optimal dikarenakan sarana pipa yang sudah tua dan belum diperbaiki.Permasalahan lainnya adalah kurangnya kesadaran konsumen atas kewajibannya membayar tagihan air.Penelitian ini bertujuan menganalisisPersepsi Konsumen atas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pancur Aji.Teori yang digunakan mengacu pada pendapat Blumer yang mengemukakan mengemukakan tiga prinsip dasar interaksionisme simbolik yang berhubungan dengan meaninglanguage, dan thought. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketidak mampuan petugas PDAM Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau dalam menyelesaikan pengaduan yang disampaikan oleh pelanggan hal ini terlihat dari adanya sejumlah antrian dan harus menunggu beberapa hari dalam penyelesaiannya. Selain itu  adanya pergantian terhadap pipa air yang sudah tua, hal ini dikarenakan minimnya anggaran operasional PDAM Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau.Penilaian yang berbeda-beda muncul dari setiap pelanggan didasarkan atas pengalaman yang dirasakannya masing-masing terkait respon petugas, jaminan dan rasa empati.Menyikapi fenomena yang ada saran yang direkomendasikan adalah untuk menghasilkan air yang berkualitas, perlu diadakan pergantian pipa air yang sudah tua ataupun sarana produksi yang sudah rusak, karena bagaimanapun dalam memberikan pelayanan, kualitas air harus tetap diutamakan oleh PDAM.

 

Kata-Kata Kunci :Persepsi Konsumen, Pelayanan Air Bersih.


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i3.763

Article Metrics

Abstract view : 805 times
PDF - 457 times PDF - 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun 

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696