KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DESA EMPIYANG KECAMATAN JANGKANG KABUPATEN SANGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis indikasi Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Desa Empiyang Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif. Permasalahan yang dijumpai dalam penelitian ini yaitu: Kurangnya informasi dari pihak pemerintah desa Empiyang, adanya pungutan liar, seringkali kantor desa tutup pada hari kerja, tidak tertibnya terhadap jadwal dan waktu kerja yang telah ditentukan. Adapun teori yang digunakan yaitu teori menurut Litjan Poltak Sinambela, dkk (2011: 6) dengan 6 indikator yaitu: transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban sudah menunjukkan kualitas pelayanan yang baik dan efektif seperti: pelayanannya sudah bersifat terbuka, adanya tanggungjawab dan kepastian waktu penyelesaian pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkannya, sudah terlihat adanya kemampuan untuk lebih tekun memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan cepat tanggap dalam menanggapi keluhan-keluhan dalam proses pelayanan, dan bersikap adil dan jujur. Rekomendasinya adalah para pegawai/petugas pelayanan di kantor desa Empiyang sebaiknya untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelayanan yang terbuka, bertanggungjawab serta selalu memperhatikan aspirasi dari masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan.
Kata-kata kunci: kualitas, Pelayanan, Kantor Desa Empiyang, Kecamatan Jangkang
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v4i4.818
Article Metrics
Abstract view : 2615 timesPDF - 2065 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696





_2.png)




