KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PONTIANAK
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya disiplin pegawai, tanggung jawab pegawai, belum optimalnya dalam melakukan pekerjaan serta masih adanya ketidak adilan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak dalam meningkatkan pendapatan Daerah.Menurut Dwiyanto (2002:52) menggunakan beberapa kriteria dalam menilai kinerja organisasi publik, yaitu Kualitas kerja, Akuntabilitas, dan Efisiensi.Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif.Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa kualitas Pelayanan Pegawai di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak sudah cukup baik. Para pegawai telah bekerja dengan cukup disiplin dalam pencapaian target pekerjaan serta menghasilkan pekerjaan yang sesuai dengan intruksi yang diberikan.Tercapainya kuantitas dan kualitas kerja yang cukup baik dikarenakan adanya dukungan sejumlah faktor diantaranya adanya tupoksi yang jelas, motivasi pegawai yang cukup baik, serta Sarana dan prasarana yang ada di kantor cukup lengkap. Dan juga akuntabilitas Pelayanan Pegawai sudah cukup baik. Pelayanan publik tercermin berdasarkan dari aspek sistem pelayanan yang ada dengan ditunjukan oleh prosedur yang sangat mudah, dimana para petugas atau pegawai selalu menginformasikan tentang apa yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum melakukan pelayanan dan petugas juga sering membantu apabila masyarakat bingung atau tidak mengerti sehingga memudahkan masyarakat. Dalam efisiensi pemberian pelayananpegawai sudah cukup baik. Hal ini dapat tercapai karena rata-rata pegawai telah berpengalaman.Selain itu sarana-dan prasarana sudah cukup memadai baik dari segi jumlah maupun kualitas.Rekomendasi dalam penelitian ini diharapkanpeningkatan produktivitas kerja pegawai terutama dengan meningkatkan kedisiplinan, keseriusan kerja maupun meningkatkan kecepatan dalam memberikan pelayanan publik.Mengoptimalkan responsibilitas pegawai dengan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang penerapan tatanan administrasi maupun prosedur pelayanan publik, serta mengoptimalkan responsibilitas pegawai dengan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang penerapan tatanan administrasi maupun prosedur pelayanan publik.
Kata-kata kunci: Kinerja Pegawai, Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v5i1.935
Article Metrics
Abstract view : 2096 timesPDF - 1359 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696