PARTISIPASI PENGEMBANGAN ANYAMAN LOKAL OLEH KAUM PEREMPUAN DI DESA PANTOK KECAMATAN NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

NITA NIM. E11110012

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengembangan anyaman lokal di Desa Pantok Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Dalam pelaksanaan penelitian penulis menggunakan metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sitematis, karena dengan metode ini penulis dapat mendeskripsikan tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan anyaman lokal. penelitian ini menggunakan teori, Alftri yaitu konsep partisipasi dalam impelementasi program pengembangan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial.  Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai partisipasi dalam kegiatan pembangunan sehingga berdampak terhadap partisipasi masyarakat dalam mengembangkan anyaman lokal di Desa Pantok. Kedua, kurangnya masyarakat mendapatkan sosialisasi dan pelatihan terhadap pembuatan anyaman lokal kuhususnya para kaum perempuan. Ketiga di pengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, pendidikan,  pekerjaan dan lamanya seseorang tinggal. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan anyaman lokal di Desa Pantok diharapkan kepada masyarakat desa pantok agar lebih aktif lagi dalam ikut berpartisipasi supaya perkembangan dari aktifitas pembuatan anyaman lokal dapat dikembangkan lebih luas lagi.

 

Kata-Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, Potensi Lokal, Partisipasi Masyarakat


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1011 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia