PARTISIPASI MASYARAKAT DESA DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DESA IJUK KECAMATAN BELITANG HULU KABUPATEN SEKADAU

KEMIS NIM. E11111052

Abstract


Penulisan skripsi ini juga di maksudkan, agar administrasi kependudukan dan kepemilikan kartu keluarga kedepannya bisa jauh lebih maksimal dan terus dilakukan oleh Pemerintah Desa dan pihak terkait, supaya masyarakat dapat ikutserta berpartisipasi dalam pembutan kartu keluarga di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau. Perumusan masalahnya adalah masih belum maksimal partisipasi masyarakat dalam pembuatan kartu keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor penyebab masih belum maksimal partisipasi masyarakat dalam pembuatan kartu keluarga. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisis kualitatif dan Informannya terdiri dari Kepala Desa, Perangakat Desa dan masyarakat desa. Partisipasi masyarakat desa dalam pembuatan kartu keluarga di Desa Ijuk sudah baik meskipun masih belum maksimal. Ini terlihat dari jawaban informan terhadap partisipasi masyarakat desa dalam pembuatan kartu keluarga. Dampak yang ditimbulkan pun terarah ke dampak positif. Faktor penghambat adalah dilihat dari tingkat kesadaran, tingkat pendidikan dan faktor ekonomi masyarakat. Sarannya diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat dalam berpartisipasi dan kedepan biasa lebih baik lagi.

Kata-kata  Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Masyarakat Desa, dan Program Pemerintah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 863 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia