DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Desa Dalam Kaum Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas)

NOVI MARIANTI NIM.E1021131045

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keberadaan pasar modern terhadap pasar tradisional di pasar Asam dan untuk menganalisis strategi yang di lakukan oleh pelaku usaha pasar tradisional di pasar Asam untuk menghadapi persaingan dengan pasar modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, artinya peneliti  menggambarkan fakta yang terjadi sekarang sebagai realitas natural tanpa  adanya fenomena yang dibuat-buat. Penelitian jenis deskriptif dianggap yang tepat untuk penelitian ini karena untuk melihat dan menggambarkan fenomena apa saja yang dialami subjek penelitian misalnya situasi, prilaku, sikap, pandangan, motivasi, persepsi, tindakan dan lain-lain secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan bagaimana pengaruh yang terjadi pada pasar tradisional setelah adanya pasar modern. Metode deskriptif yang digunakan oleh peneliti akan di lakukan dalam bentuk studi kasus dan akan melibatkan berbagai macam tokoh yang ada dilingkungan penelitian  tersebut. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah pasar modern memiliki dampak negatif atas pertumbuhan dan perkembangan pasar tradisional Asam di Desa Dalam kaum Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas, dan pasar tradisional Asam tidak memiliki strategi untuk bersaing mempertahankan eksistensi pasar tradisional Asam.

 

Kata-Kata  kunci : Pasar, Tradisional, Modern


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1302 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia