PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA DURIAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA

ASNI BATALENA NIM. E11109010

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk partisipasi dalam pembangunan desa di desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memberi gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data yang ada di lapangan tentang partisipasi masyarakat dalam pebangunan desa di desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Pengumpulan data data yang dilakukan dengan cara survey, wawancara, observasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa sebagian besar berbentuk fisik (partisipasi dalam bentuk ide-ide/pemikiran, partisipasi dalam bentuk uang, partisipasi dalam bentuk materi, partisipasi dalam bentuk tenaga). Selanjutnya ada2 faktor yang mempengaruhi pembangunan desa Durian yaitu faktor intern dan ekstern. Factor intern terdiri dari faktor kesadaran/kemauan, factor pendidikan dan faktor penghasilan/pendapatan, Sedangkan faktor ekstern terdiri dari kepemimpinan pemerintah.

 

Kata-kata Kunci : Partisipasi, Masyarakat, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 923 times
PDF - 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia