PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI KARET DESA LABIAN KECAMATAN BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU

DIDIK PAMBUDI NIM. E1021141034

Abstract


Pemberdayaan merupakan suatu proses interaksi, edukasi, dan memandirikan setiap sumber daya manusia pada wilayah tertentu, seperti petani karet Desa Labian yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan dikedepankan berdasarkan apa yang mereka miliki. Proses tersebut dapat dilakukan dengan merubah pola pikir kearah yang lebih baik. Pola pikir yang dimaksudkan adalah melakukan budidaya tanaman karet sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan menciptakan hasil produksi dengan kualitas yang baik (bersih dan kering). Adanya WWF (Word Wide Fund for Nature) Indonesia Program Kalimantan Barat sebagai pendamping bagi petani karet Desa Labian memberikan banyak perubahan. Hal tersebut tertuang dalam hasil penelitian ini yang terdiri dari tiga aspek : pola pemberdayaan petani karet oleh WWF Indonesia Program Kalimantan Barat di Desa Labian, proses pelaksanaan program pemberdayaan petani karet oleh WWF Indonesia Program Kalimantan Barat, dan dampak adanya pemberdayaan petani karet yang dilakukan oleh WWF Indonesia Program Kalimantan Barat di Desa Labian. Dengan analisis ini, program pemberdayaan petani karet di Desa Labian diharapkan mampu memperbaiki dan memaksimalkan kembali segala kekurangan yang telah dilakukan sebelumnya demi terciptanya kesejahteraan setiap petani karet.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Petani Karet, Kesejahteraan, WWF Indonesia Program Kalimantan Barat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1009 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia