PARTISIPASI MASYARAKAT DUSUN NUAK DALAM MENYEDIAAKAN PENERANGAN MELALUI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKTO HIDRO (PLTMH) DESA RIRANG JATI KECAMATAN NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

GUNELA FRANSISKA NIM. E10211141009

Abstract


Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mengambarkan bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat Dusun Nuak dalam menyediakan penerangan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hirdo yang berlokasi di Dusun. Berdasarkan identifikasi masalah yaitu a. belum terjangkaunya Perusahaan Listrik Negara (PLN), b. keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Lebih menfokuskan pada bagaimana Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), masyarakat sangat membutuhkan listrik dan upaya masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyedian listrik. Penulis melihat partisipasi masyarakat dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan berdasarkan tinjauan pustaka tentang bentuk partisipasi menurut Yadav (Totok dan Purwoko,  2013) mengemukakan tentang empat macam kegiatan yang menunjukan partisipasi masyarakat didalam kegiatan pembangunan, yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan, partisipasi dalam pemantauan dan evaluasi pembangunan, dan partisipasi dalam pemanfaatan hasil pembangunan.

 

Kata-kata kunci:   Partisipasi Masyarakat, Kebutuhan Masyarakat Akan Listrik, Dan Bentuk Partisipasi Menurut Yadav.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 749 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia