PELAKSANAAN PENYALURAN BERAS SEJAHTERA (RASTRA) DI DESA MELIAU HILIR KECAMATAN MELIAU KABUPATEN SANGGAU

LARAS SULISTIANI NIM. E1022141003

Abstract


PELAKSANAAN PENYALURAN BERAS SEJAHTERA (RASTRA)

 DI DESA MELIAU HILIR KECAMATAN MELIAU

KABUPATEN SANGGAU

 

Oleh:

LARAS SULISTIANI1*

NIM. E1022141003

 

Prof. Dr. H. Arkanudin, M.Si2, Dr. Hj. Hasanah, M.Ag2

 

  1. Mahasiswa Program Studi        Pembangunan Sosial/ Ilmu sosiatri  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak
  2. Dosen Program Studi Pembangunan Sosial/ Ilmu  Sosiatri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak

*Email: larassulistiani01@gmail.com

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penyaluran Rastra serta faktor penghambat penyaluran Rastra di Desa Meliau Hilir Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Adapun teknik jenis penelitian yang digunakan data dalam penelitian kualitatif meliputi: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan Verifikasi data. Hasil Penelitian ini pelaksanaan penyaluran rastra di Desa Meliau Hilir   belum sepenuhnya mengacu kepada ketentuan 6T: Tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualias, dan tepat administrasi. Kemudian yang menjadi penghambat pelaksanaan Rastra adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor rendahnya pengetahuan masyarakat, rendahnya pengaduan masyarakat dan faktor kecemburuan sosial yang tinggi. Faktor eksternal yaitu faktor kurangnya pengawasan dari pemerintah untuk mengontrol pelaksanaan Rastra, kurangnya sosialisasi mengenai Rastra, tidak adanya pendataan ulang setiap tahun oleh pemerintah, dan faktor diluar batas kemampuan aparat di desa Meliau Hilir Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau.

 

Kata-kata  Kunci : Kemiskinan, Penyaluran Rastra, Faktor Internal Eksternal

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 585 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia