DAMPAK SOSIAL DARIPROSES PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 PADAMAHASISWA PROGRAM STUDI PEMBANGUNAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

MARISA MARISA, Herlan Arkan, Antonia Sasap Abao

Abstract


Marisa: Dampak Sosial Dari Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Program Studi   Pembangunan Sosial Tanjungpura Pontianak. Skripsi Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura Pontianak 2021.

 

Penelitian ini mendeskripsikan dampak sosial dari proses pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada mahasiswa program studi Pembangunan Sosial reguler A angkatan2018-2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak yang berasal dan menetap di daerah pedalaman selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kulitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi nonpartisipan, penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Konsep yang digunakan yaitu menurut Surto Haryono (dalam Dwi,2015-21) tentang dampak sosial secara primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dampak sosial yang terjadi pada mahasiswa program studi Pembangunan Sosial yang berasal dan menetap di daerah pedalaman adalah secara primer (langsung) dan dampak sosial sekunder (tidak langsung). Dampak secara langsung yaitu kurangnya interaksi dan komunikasi antara mahasiswa dan mahasiswa maupun mahasiswa dan dosen seperti, penurunan semangat belajar, hilangnya kebahagiaan interaksi belajar mahasiswa, pola interaksi bersifat tidak secara keseluruhan dan hanya melalui media sosial. Dampak secara tidak langsung yaitu, kejenuhan komunikasi, komunikasi cenderung satu arah, komunikasi pada mesin, kelelahan komunikasi daring dan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan dosen. Adapun kendala yang dialami oleh mahasiswa tersebut yaitu koneksi internet/sinyal, kuota, ketersediaan perangkat dalam pembelajaran daring, komitmen, tuntutan dan empati dosen, keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan teknologi, kebisaan budaya belajar lama, tingkat kepercayaan diri mahasiswa dan gangguan lingkungan sekitar.

 

Kata Kunci: Dampak Sosial, Pembelajaran Daring, Di Masa Pandemi COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Anies. 2020. Covid-19:Seluk Beluk Corona Virus. Jogjakarta: Arruzz Media.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi Masyarakat. Kencana: Prenada Media Group.

Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online.Tangerang Selatan: UniversitasTerbuka.

Bse Donatius Praptanya. 2011. Toeri Ilmu Sosial Dan Perubahan Suatu Pengantar Mempelajari Perkembangan Masyarakat. Pontianak: STAIN Pontianak Press (Anggota IKAPI).

Fisip, Akademik. 2017. Buku Pedoman TA 2017/2018 Akademik Fisip. Pontianak: Universitas Tanjungpura Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

H. Ary Gunawan. 2010. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi TentangPelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, danR&D.Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. 2014. Ilmu Sosial Dan Ilmu dasar Manusia Dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sztompka, Piotr. 2007. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumber Jurnal:

Ali Sadikin, Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik/article/download/9759/5665/24717.(diakse pada 22 April 2021)

Aulia Annisa.2020. Tantangan Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. https://osf.io/csjkv/download/?format=pdf. (diakses pada 10 April 2021).

Ericha Windhiyani Pratiwi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ilmu pendidikan.Vol.34 issi.1.2-3.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/download/14921/858

(diakses pada 15 November 2020).

Soraya Fadhal. 2020. Hambatan Komunikasi Dan Budaya Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.https://eprints.uai.ac.id (diakses pada 5 Agustus 2021)

Yunisha. 2020. Pandemi Covid-19 dan Efektifitas Belajar Dirumah. 14-19. https://www.academia.edu/44413422/PANDEMI_COVID_19_DAN_EFEKTIFITAS_BELAJAR_DI_RUMAH_Yunisha. (diakses pada tanggal 15 November 2020).

Skripsi:

Gerfasius Angup, 2021 “Dampak Covid-19 Terhadao Sosial Ekonomi Petani Karet Di Desa Belimbing Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu” Universitas Tanjungpura.

Sumber Internet:

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Resmikan Kebijakan Bantuan KuotaData Internet.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/kemendikbud-resmikan-kebijakan-bantuan-kuota-data-internet-2020. (diakses pada 7 Januari 2020).

Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. 1-206. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004. (diakses pada 15 November 2020).

Surat Edaran Rektor Universitas Tanjungpura Nomor 3015/UN 22/TU/2020 tentang Kewaspadaan Dan Pencegahan Infeksi Covid-19 Di Lingkungan Universita Tanjungpura.

https://perencanaankota.blogspot.com/2015/03/pengertian-perbatasan-dan-karakteristik.html.(diakses pada 6 April 2021).

https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MMPI510402-M1.pdf (diakses pada 10 April 2021).

https://andichairilfurqan.wordpress.com/tag/daerah-pedalaman/(diakses pada 10 April 2021).


Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia