PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF LATIN DI DESA GUNUNG SEMBILAN KECAMATAN SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA

Dewi Kartini E11111046

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk mendiskripsikan partisipasi masyarakat buta huruf dalam pendidikan buta huruf. Kedua, untuk menganalisis factor rendahnya pertisipasi masyarakat buta huruf dalam pelaksanaan program buta huruf latin.  Ketiga partisipasi masyarakat dalam program pemberantasan buta huruf latin. Penelian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif dengan analisis kualitatif. Berdasarkan  hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa pertama. Masyarakat kurang berpartisipasi di karnakan factor pekerjaan dan rendahnya partisipasi masyarakat buta huruf dalam program pemberantasan buta huruf latin di pengaruhi oleh beberapa faktor, sepertiya kurangya sosialisasi, tempat belajar yang jauh, kurangya kesadaran diri tentang pendidikan, faktor umur Kedua, partisispasi masyarakat buta huruf  dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanpaatan program pemberantansan. Buta huruf latin dalam rapat sehingga mereka tidak bisa menyalurkan ide-ide mereka, pendapat dan lain sebagainya.. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat buta huruf dalam program pemberantasan buta huruf latin, pemerintah setempat di harapkan dapat dapat melakukan sosialisasi betapa pentingya pendidikan kepada masyarakat buta huruf dan memberikan pelatiha keterampilan kepada masyarakat buta huruf, dan masyarakat buta huruf harus ikut terlibat secara aktif dalam program pemberantasan buta huruf latin mulai dari perencanaan, pelaksanaan, bahkan pemampaatan.

Kata-kata kunci :      Partisispasi masyarakat, Program pemberantasan buta huruf, dan masyarakat buta huruf


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1079 times
PDF - 254 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia