PARTISIPASI MASYARAKAT SEKITAS SUNGAI KAPUAS DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN ILIR KOTA KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

FIRMANSYAH NIM. E11107032

Abstract


Jurnal ini dimaksud untuk menggambarkan “Partisipasi Masyarakat disekitar tepian Sungai Kapuas Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sungai Kapuas Di Kelurahan Hilir Kota Kabupaten Sanggau”. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasi penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai kapuas di kelurahan hilir kota masih rendah, hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan sejak lama dan indikator yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya yaitu masyarakat masih beranggapan membuang sampah kesungai sangatlah mudah dan praktis, serta sarana prasarananya seperti tempat pembungan sampah  masih kurang  sehingga masyarakat dengan mudahnya membungan sampah ke sungai. Berdasarkan pengamatan, diperoleh informasi bahwa karakteristik sungai kapuas sebagai bagian dari ruang lingkup pemukiman ini memicu perilaku warga utuk memusnahkan atau membuang sampahnya di sungai. Keadaan sungai yang sangat lebar, dan arus air sungai yang cenderung deras, menjadikan sampah-sampah yang dibuang ke sungai solah-olah tidak berarti dalam pencemaran sungai. Untuk mengurangi hal tersebut sebaiknya diberikan sarana tempat-tempat sampah yang lebih terjangkau dengan pemukiman warga sehingga warga yang dapat dengan mudah membuang sampahnya ke tempat yangsudah disediakan tanpa membuang sampahnya lagi ke sungai dan pengadaan kegiatan gotong royong warga untuk membersihkan lingkungan sekitar sungai serta memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan dampak dari membuang sampah sembarangan dengan demikian akan membangkitkan tingkat kesadaran masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

Kata-kata kunci : Pertisipasi Masyarakat, Kebersihan Lingkungan dan Sungai Kapuas


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1287 times
PDF - 1185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia