PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM RASKIN DI DESA PENITI DALAM I KECAMATAN SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH TAHUN 2014

MUSLIMIN NIM. E11109005

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran serta Masyarakat dalam program Raskin yang terdapat di Desa Peniti Dalam I, dan mengungkap tingkat pemahaman Masyarakat terhadap mekanisme penyaluran mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan sampai pada tahap manfaat raskin bagi Masyarakat selama ini (evaluasi). Adapun metode penelitiannya ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukan bahwa peran serta Masyarakat dalam proses perencanaan yaitu ikut serta dalam penentuan rumah tangga sasaran melalui musyawah di tingkat Desa. Dalam pelaksanaann, penyaluranya Raskin tersebut belum tepat pada Rumah Tangga sasaran (keluarga miskin) dimana penyaluranya di bagikan  secara merata setiap rumah tangga tanpa memandang mana yang berhak dan mana yang tidak. Untuk itu adapun saran yang dapat peneliti berikan sebagai pertimbangan ialah Pertama, Perlu adanya data yang akurat di lapangan mengenai masyarakat yang berhak menerima program Raskin, dengan cara melibatkan pengurus RT yang mengetahui secara persis Masyarakatnya. Kedua, Agar dalam pelaksanaan program Raskin dapat berjalan sesuai aturan dan ketentuan di harapkan perlu adanya sosialisasi di tingkat Desa oleh pihak yang berwenang terkait dengan kriteria Rumah tangga yang berhak untuk menjadi rumah tangga sasaran penerima manfaat Raskin. Ketiga, Perlu adanya evaluasi setiap pelaksanaan Raskin pada 1 priode di tingkat Desa, Kecamatan dan Pemerintah Daerah khususnya kabupaten mempawah.

 

Kata-kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Program Raskin, Keluarga Miskin

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 957 times
PDF - 309 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia