PEKERJA ANAK DI BAWAH UMUR DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT: Studi Kasus Di Desa Beruta Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah

SITI ASNAWATI NIM. E11111001

Abstract


Tujuan Penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang penyebab pekerja anak dibawah umur dan mendeskripsikan dampak-dampak yang terjadi terhadap pekerja anak di Desa Beruta. Dalam pelaksaan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi penyebab anak harus bekerja di Desa Beruta adalah karena kondisi orang tua pada posisi ekonomi lemah, kurangnya motivasi orang tua, dan lingkungan yang tidak mengutamakan pendidikan. Adapun dampak yang ditimbulkan akibat tingginya pekerja anak di perkebunan kelapa sawit di Desa Beruta yaitu di jumlah anak yang mengalami putus sekolah meningkat, anak cenderung membolos belajar dan malas mengikuti pelajaran di kelas terutama pada saat panen kelapa sawit, pekerja anak perempuan memiliki sifat konsumtif contohnya mereka cenderung membeli dan menggunakan pakaian dengan mode terkini. Pada umumnya anak berperilaku layaknya seperti orang dewasa seperti gaya berpakaian pekerja anak perempuan yang sudah menampakan keseksiannya, anak sudah ber make-up, ketika bekerja dalam satu lokasi kerja pekerja anak perempuan mulai mengerti saling menjodoh-jodohkan dengan pekerja anak laki-laki.

 

Kata Kunci : Pekerja Anak. Perkebunan Kelapa Sawit. Putus Sekolah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1203 times
PDF - 1132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia