PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMERIKSAAN KESEHATAN ANAK DI POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) KECIPIR DESA GALING KECAMATAN GALING KABUPATEN SAMBAS

NIA ROSANTI NIM. E11112080

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesehatan anak dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam pemeriksaan kesehatan anak di Posyandu Kecipir Desa Galing. Partisipasi yang dilakukan orang tua dalam memeriksakan kesehatan anak belum maksimal dilihat dari kehadiran pada setiap bulannya dalam mengikuti kegiatan di posyandu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat anak yang kurang gizi di Desa Galing, hal itu disebabkan kurangnya pemahaman orang tua terhadap kesehatan anak, kurangnya dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kesehatan seperti memeriksakan kesehatan anak ke posyandu, akibatnya pertumbuhan anak mereka tidak terpantau dan anak mereka kurang gizi.  Dari beberapa faktor, yang paling dominan atau yang paling menonjol adalah faktor pendidikan. Karena sebagian besar dari orang tua anak tidak berpendidikan, sehingga kurang mendapatkan informasi serta pemahaman mengenai kesehatan.

 

Kata-kata Kunci: Partisipasi orang tua , pemahaman,  kesehatan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 963 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIODEV,  jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Sosiatri Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociodev

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia