RESPONS ORANG TUA TERHADAPA ANAK PEREMPUAN YANG HAMIL DI LUAR NIKAH DI DESA SEBUNGA KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS

IFANELIA CHRISTINA NIM. E61112004

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis mengenai faktor-faktor pendorong serta dampak dari kehamilan di luar nikah dan respon orang tua di saat mengetahui anaknya hamil di luar nikah di desa Sebunga, kecamatan Sajingan Besar, kabupaten Sambas. Dalam penelitian  ini, menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data dalam penelitiann kualitatif ini dilakukan meliputi: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif meliputi: reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadiny anak (remaja) hamil di luar nikah di disebabkan oleh berbagai macam faktor yang mendorong mereka untuk melakukan hubungan seks di luar nikah di antaranya; faktor kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, pergaulan bebas,teknologi yang semakin canggih,tingkat pendidikan yang rendah,pemahaman seks yang salah,dan kurangnya pendidikan agama. Terjadinya kehamilan anak di luar nikah di desa Sebunga kecamatan Sajingan Besar kabupaten Sambas ini mempunyai dampak tidak baik bagi pelaku yang telah hamil di luar nikah tersebut yaitu berdampak kepada kehidupan sosial bermasyarakat, Psikis (psikologi) dan kesehatan bagi pelakunya. Mengenai respon orang tua terhadap  anak perempuan yang hamil di luar nikah.,pastinya kehamilan di luar nikah mendapatkan respon yang serius dari orang tua anak yang hamil di luar nikah, yang mana respon orang tua di Desa Sebunga ketika mengetahui anaknya hamil di luar nikah mereka merasa sedih, kecewa, dan marah terhadap anaknya yang telah mereka beri kebebasan berpacaran namun harus tau aturan dan tidak melanggar norma – norma yang berlaku namun apa yang terjadi anak – anaknya malah melangar aturan dan norma-norma yang berlaku. Ketika kehamilan yang tidak diinginkan terjadi tentu orang tua selalu merasa bertanggung jawab terhadap kejadian yang terjadi menimpa anaknya dan juga menjadi kejadian tersebut sebagai koreksi terhadap kelalaian orang tua dalam mengawasi pergaulan anaknya.

 

Kata-kata Kunci: Orang tua, Anak, dan Hamil di luar nikah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1074 times
PDF - 1878 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02