PERILAKU MASYARAKAT MEMBAKAR LAHAN PERTANIAN PADI DI DESA JANGKANG II KECAMATAN KUBU KABUPATEN KUBU RAYA

TEGUH SUPANGAT NIM. E51111002

Abstract


Aktifitas pembakaran terhadap lahan pertanian padi masih saja dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi masalah serius karena terus saja dilakukan dan dapat menyebabkan bencana kebakaran hutan atau lahan dan juga bencana kabut asap. Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis perilaku masyarakat yang membakar lahan untuk menyiapkan lahan pertanian padi dan dampak dari perilaku tersebut . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menekankan pada perilaku masyarakat membakar lahan yang sesuai dengan fakta dilapangan berdasarkan realita yang tampak melalui ungkapan, perasaan, pengalaman dan pengetahuan masyarakat.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu Teori Behavioral sociologi oleh B.F. Skiner. Teori ini memusatkan perhatian kepada hubungan antara akibat dari tingkahlaku yang terjadi di dalam lingkungan aktor dengan tingkahlaku aktor, dimana akibat tingkahlaku yang terjadi dilingkungan aktor pada masa sekarang melalui kemungkinan akibatnya yang terjadi di masa yang akan datang atau masa depan kemudian teori yang digunakan adalah Teori Keteraturan sosial Thomas Hobbes karena  keteraturan sosial berawal dari proses sosial dengan memahami nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan individu atau masyarakat tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimana faktor pertama adalah kurangnya kesadaran masyarakat memelihara lingkungan sehingga tercipta pola pikir yang praktis, pengolahan lahan secara tradisional, pendidikan yang masih rendah, perekonomian   rendah, solidaritas menjaga kekompakan sesama petani dari kegiatan pembakaran  berdampak kepada kerusakan lingkungan, tercemarnya udara karena asap yang ditimbulkan dan imej petani menjadi buruk karena dicap sebagai penyebab dari  kebakaran hutan dan lahan.

 

Kata-kata Kunci : Perilaku Masyarakat,Membakar Lahan, Desa Jangkang II

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1010 times
PDF - 952 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02