HUBUNGAN KERJASAMA ANTAR PETUGAS PARKIR DAN PANITIA ROBO-ROBO (Di Pasar Kakap, Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat)

EKA MAYANG SARI NIM. E51112075

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungnan kerja yang dilakukan sesama petugas parkir, petugas parkir dan masyarakat pengendara, petugas parkir dan panitia Robo-robo dalam mengatur perparkiran di Pasar Kakap, Desa Sungai Kakap,Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Masalah hubungan kerja yang ditemui pada petugas parkir di Pasar Kakap ialah kurang baiknya hubungan antara rekan kerja petugas parkir yang disebabkan adanya perebutan lahan dan komunikasi yang kurang baik. Penelitian ini bermaksud memberikan gambaran terhadap fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian, misalnya mengenai hubungan kerja. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang secara rinci mengenai suatu keadaan dan objek tertentu pada saat penelitian dilakukan. Adapun yang menjadi informan pangkal yaitu petugas parkir , panitia dan Kepala Desa Sungai Kakap. Dalam penelitian ini mengunakan suatu teori untuk mendukung penelitian yang akan peneliti lakukan dari awal sampai akhir agar mendapatkan jawaban dan kesimpulan pada penelitian tersebut. Adapun teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teori kerjasama oleh Charles H. Cooley, beragumen bahwa kerjasama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan kesadaran diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingannya. Kerjasama merupakan kunci dari semua kehidupan sosial baik dilingkungan masyarakat dan lingkungan pekerjaan. Kerjasama antar petugas parkir dan panitia Robo-robo sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan acara dan kelancaran lalu lintas. Kerjasama ini selain untuk mempermudahkan suatu pekerjaan, kerjasama juga berguna untuk memenuhi kepentingan-kepentingan baik individu maupun kelompok dalam melakukan suatu pekerjaan. Kaitan teori dan penelitian yang akan peneliti lakukan yaitu membahas tentang hubungan kerjasama yang dilakukan antar petugas parkir yang memiliki kepentigan-kepentigan dan tujuan yang sama yaitu menjaga keamanan kendaraan pengendara. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bentuk dari hubungan kejasama antar petugas parkir dan panitia Robo-robo, bertujuan untuk membantu lancarnya aktivitas berkendara dan merapikan kendaraan supaya tertata rapi dan aman. Penyediaan lahan parkir masih belum berjalan secara maksimal karena masih terdapat tempat-tempat yang tidak dapat dikelola oleh petugas parkir, dikarenakan adanya hambatan-hambatan dari pribadi atau kelompok tertentu. Kegiatan pengelolaan belum berjalan efektif karena masih banyak petugas parkir yang tidak menaati peraturan perundangan yang berlaku, terutama terkait perebutan lahan parkir.

 

Kata-kata Kunci: Hubungan Kerjasama, Petugas Parkir, Panitia Robo-robo


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1028 times
PDF - 581 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02