PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWI BERJILBAB SYAR’I DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

NURJANAH NIM. E51112073

Abstract


 

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku yang terjadi pada mahasiswi sosiologi sebelum dan sesudah menggunakan jilbab syar’i. Mahasiswi Sosiologi Fisip UNTAN yang menggunakan jilbab syar’i yakni terjadi karena kesadaran dari diri mereka sendiri, lingkungan, organisasi dan lain sebagainya, dengan menggunakan jilbab syar’i perilaku mahasiswi tersebut juga berubah lebih baik. Contohnya dari cara berpakaian yang lebih sopan dari sebelumnya menggunakan jilbab dan disertai dengan baju yang lebar dan longgar, cara berbicara lebih sopan dari sebelumnya, tingkah laku yang lebih baik serta cara bergaul dengan teman-temannya. Penelitian ini lebih menfokuskan pada perubahan perilaku mahasiswi sosiologi yang berjilbab syar’i pada angkatan 2013-2014. Dalam penelitian ini banyak membahas tentang faktortor yang menyebabkan mereka berubah menggunakan jilbab syar’i serta perubahan perilaku yang berubah pada mahasiswi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menekankan pada perubahan perilaku mahasiswi yang menggunakan jilbab syar’i yang sesuai dengan fakta dilapangan berdasarkan realita yang tampak melalui ungkapan, perasaan, perbuatan, pengalaman, dan pengetahuan mahasiswi. Adapun yang menjadi informasi ialah mahasiswi Sosiologi Fisip Untan dan Kasubbag pendidikan. Untuk mendiskripsikan perubahan perilaku secara alamiah yang terjadi pada mahasiswi yang menggunakan jilbab syar’i. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan suatu konsep teori untuk mendukung penelitian yang akan peneliti lakukan dari awal sampai akhir agar mendapatkan jawaban dan kesimpulan pada penelitian tersebut. Adapun konsep teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah konsep teori oleh Cantik (2014) bahwa ada tiga macam perubahan perilaku yang terjadi pada manusia diantaranya : Perubahan yang terjadi secara alamiah alamiah, contoh perubahan perilaku terjadi karena faktor usia yang semakin tua, Perubahan terencana contohnya perilaku mereka berubah karena adanya tujuan tertentu atau ingin mendapatkan sesuatu yang bernilai baginya, kesediaan untuk berubah contoh perubahan teknologi yang terjadi pada zaman sekara, misalnya mesin ketik manual ke mesin computer, biasanya sebagian orang yang sudah tua sulit untuk menerima pemakaian seperti itu tetapi sebagian orang senag dengan adanya perubahan seperti itu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku yeng terjadi pada mahasiswi sosiologi yang menggunakan jilbab syar’i ialah tidak sama karena mereka mempunyai keinginan dan tujuan masing-masing tetapi perubahan tersebut membuat mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Kata-kata kunci: Perubahan Perilaku, Jilbab Syar’i, Mahasiswi Fisip UNTAN


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1077 times
PDF - 547 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02