DAMPAK PERCERAIAN TERHADAP POLA ASUH DAN PERILAKU ANAK DIKECAMATAN PONTIANAK UTARA-KALIMANTAN BARAT

MIRAWATI NIM. E51112020

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis dampak perceraian terhadap pola asuh dan  medeskripsikan dan menganalisis bentuk pola asuh yang diterapkan pada keluarga bercerai serta menganalisis perubahan penerapan pola asuh sebelum dan setelah perceraian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. peneliti menggunakan teori pola asuh dan teori struktur fungsional, hasil Penelitian menunjukkan bahwa perceraian orang tua berdampak negatif maupun positif terhadap pola asuh anak. dampak negatif nya anak menjadi tertutup, pendiam (mudah putus asa), sedangkan dampak positifnya Anak lebih jadi mandiri, Anak mempunyai kemampuan bertahan, karena terlatih untuk mendapatkan sesuatu dalam hidup bukan hal  yang mudah, Beberapa  anak jadi lebih kuat dan bangkit, dan Prestasi meningkat, tergantung dari orang tua yang menerapkan pola asuh dan anak yang menerima nya, karena sebuah keluarga dalam masyarakat dimaknai dengan fungsi AGIL, yaitu adaptasi (adaption), pencapaian tujuan (goal attainment), integrasi (intregration), pemeliharaan pola (latency)   yang   artinya   sebuah   sistem   harus   melengkapi,   memelihara,   dan memperbaiki, baik motivasi individual maupun pola-pola kultural yang menciptakan dan menopang motivasi.

 

Kata-kata Kunci:         Dampak perceraian terhadap Pola Asuh Anak, Penerapan pola asuh, dan penyesuaian pola asuh.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1370 times
PDF - 2127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02