KEHIDUPAN PEKERJA SALES PROMOTION GIRL (SPG) DI KOTA PONTIANAK

YENSIKA SIANIPAR NIM. E61112021

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan pekerja Sales Promotion Girl (SPG) berbagai brand di kota Pontianak dan menganalisis faktor apa yang mendorong perempuan mengambil pekerjaan sebagai Sales Promotion Girl (SPG). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data dari responden menggunakan metode wawancara dan observasi. Setelah data dikumpulkan dan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan model analisis kualitatif. Menggunakan Teori Skinner (dalam Notoatmodjo, 2003) merumuskan bahwa perilaku SPG merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar. Oleh karena itu, perilaku terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespons. Pola perilaku adalah wujud yang mantap dari suatu rangkaian perilaku manusia atau golongan orang sehingga tampak dan dapat dideskripsikan. Selanjutnya menggunakan Teori Tindakan sosial Weber yang menjelaskan tindakan sosial SPG pada konsumen dan konsumen pada SPG pada dasarnya merupakan karakter atau ciri kepribadian yang dapat diamati ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain, seperti dalam kehidupan berkelompok, kecenderungan perilaku atau tindakan sosial seseorang yang menjadi anggota kelompok akan terlihat jelas diantara anggota kelompok yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan SPG berbagai brand memiliki kehidupan berbeda dalam menjalankan pekerjaannya sebagai SPG. Profesi SPG bagi perempuan disebabkan adanya faktor yang harus memilih profesi tersebut. Keluarga menjadi alasan atau faktor yang pertama, perempuan yang berprofesi sebagai SPG yang sebagian sudah berkeluarga harus memenuhi kebutuhan dan menafkahi keluarganya, sehingga harus tetap bekerja meskipun ada resikonya. Faktor kedua yaitu pendidikan, perempuan yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah memilih profesi SPG karena tidak menuntut tingkat pendidikan yang tinggi, dengan modal fisik badan dan kecakapan berkomunikasi, bisa bekerja sebagai SPG. Pergaulan menjadi faktor ketiga yang menjadikan perempuan memilih profesi SPG sebagai pekerjaannya.

 

Kata-kata Kunci : Kehidupan SPG, Faktor, Perilaku.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 863 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02