PERILAKU MENYIMPANG REMAJA DI OBYEK WISATA PANTAI PULAU DATOK KECAMATAN SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA

RINTA HILDA ARYANTI NIM. E51111040

Abstract


Keberadaan obyek wisata di Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara khususnya Obyek Wisata Pantai Pulau Datok ini memicu terjadinya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja. Mereka menjadikan tempat wisata tersebut sebagai tempat untuk melakukan perilaku menyimpang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor perilaku menyimpang remaja serta upaya pemerintah dalam mencegah serta mengatasi perilaku menyimpang remaja di Obyek Wisata Pantai Pulau Datok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menekankan pada makna yang sesuai pada fakta dilapangan. Lokasi penelitian di khususkan pada Obyek Wisata Pantai Pulau Datok Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Berdasarkan teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Skinner yang menjelaskan bahwa penyimpangan terjadi dikarenakan seluruh perilaku manusia merupakan hasil dari belajar. Belajar artinya ada suatu perubahan perilaku terhadap organisme yang sebagai pengaruh dari lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya beberapa bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan remaja di Obyek Wisata Pantai Pulau Datok, perilaku menyimpang tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti keinginan dalam diri sendiri, ingin mencoba hal baru, pemikiran yang salah, rasa ingin tahu, kurangnya pengendalian diri, perasaan iri, ketidaktahuan tentang pengetahuan dari bahaya penggunaan dalam penyimpangan perilaku. Sedangkan faktor eksternal tersebut seperti pengaruh teman sebaya, keluarga, sekolah, kualitas lingkungan, pengaruh perkembangan zaman, ketersediaan barang serta tempat-tempat untuk melakukan penyimpangan, pengaruh media. Hal ini diperkuat dengan teori behaviorisme bahwa penyimpangan terjadi tidak hanya karena faktor individu itu sendiri melainkan karena pengaruh yang sangat besar dari suatu lingkungan atau proses dari belajar. Banyaknya perilaku menyimpang remaja ini memerlukan perhatian dari pemerintah khususnya dinas terkait dalam mencari solusi mengenai permasalah yang sangat memprihatinkan tersebut, agar obyek wisata yang disalah gunakan oleh remaja menjadi obyek wisata yang semestinya.

 

Kata-kata kunci : Faktor, Remaja, Perilaku Menyimpang

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1004 times
PDF - 587 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02