POLA KEHIDUPAN DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI KELURAHAN SUNGAI JAWI KECAMATAN PONTIANAK KOTA

NELLY OKTAVIANI NIM. E51110070

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pola dan bentuk interaksi sosial pekerja seks komersial di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota dan bagaimana tanggapan tokoh masyarakat dalam proses interaksi sosial pekerja seks komersial. Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada pekerja seks komersial di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota, adapun tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan, untuk menggambarkan bagaimana bentuk dan pola interaksi sosial pekerja seks komersial di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota. Teknik penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling. Informan yang digunakan adalah masyarakat dan pekerja seks komersial yang tinggal di sekitaran Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota di mana mereka bekerja di tempat hiburan malam Kota Pontianak (THM) Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi, yang kemudian hasil penelitian yang telah diperoleh di analisa secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial oleh Soekanto, teori ini menyebutkan bahwa Interaksi sosial diartikan sebagai proses sosial mengenai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan hubungan sosial. Adapun kesimpulan menurut teori ini bahwa interaksi sosial akan digunakan untuk melihat dan memahami bentuk interaksi yang terjadi pada pekerja seks komersial dalam lingkungan keluarganya, sesama profesinya dan sosial, maka gambaran yang muncul akan lebih berkenaan dengan latar belakang kehidupan sehari-hari orang tersebut melalui berbagai macam penafsiran. Dari temuan data dilapangan dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa pertama, pada hakikatnya pekerja seks komersial adalah seseorang yang bekerja menjual jasa / tubuh untuk dapat bertahan hidup dari kondisi ekonomi yang serba kekurangan. Pekerja seks komersial hanyalah seorang manusia biasa pada umumnya yang mempunyai hak dan kewajiban, serta rasa atau perasaan agar dapat diterima dan diperlakukan secara adil di masyarakat. Interaksi sosial yang dilakukan pada lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan lingkungan profesi telah mengalami berbagai masalah baik yang bersifat asosiatif maupun yang bersifat disosiatif karena hubungan komunikasi yang dilakukan selalu mengalami proses-proses sosial yang selalu berubah sesuai dengan kondisi yang ada di tengah masyarakat.

 

Kata-kata Kunci: Interaksi Sosial, Pekerja Seks Komersial, dan  Masyarakat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1040 times
PDF - 987 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02